Ogah Untungkan Negara Lain, Thailand Bikin Vaksin COVID-19 Berbahan Tembakau

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
Ogah Untungkan Negara Lain, Thailand Bikin Vaksin COVID-19 Berbahan Tembakau
Ilustrasi penanganan vCovid-19 di selruh Dunia. FOTO/ IST
A A A
BANGKOK - Pandemi Covid-19 yang belum terlihat ujungnya membuat Thailand tak mau tergantung olleh negara lain untuk urusan vaksin. Thailand berniat memproduksi vaksin sendiri dari daun tembakau untuk menghindari ketergantungan pada vaksin impor dari luar negeri.

Seperti dillnasir dari Bangkok Post, Proyek produksi vaksin COVID-19 berbasis tanaman ini merupakan kerjasama antara Universitas Chulalongkorn dan Baiya Phythiphram Ltd.
Metode ini menggunakan protein subunit yang diekstraksi dari daun tembakau untuk bereaksi dengan sistem kekebalan manusia.

Proyek ini diluncurkan sejak Februari tahun lalu dan vaksin tersebut terbukti efektif ketika diuji pada tikus dan monyet.

Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengatakan kementerian dan Institut Vaksin COVID-19 Nasional telah menyalurkan alokasi 160 juta baht ke universitas dan perusahaan untuk mengimplementasikan proyek percontohan untuk memproduksi vaksin.

Ia mengatakan lantai 11 gedung Chulaphat akan diubah menjadi pusat fasilitas percobaan untuk memproduksi vaksin berbasis pohon tembakau seluas 0,12 hektar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)