India Setujui Penggunaan Vaksin DNA Tanpa Suntikan untuk Mengatasi Pandemi

Selasa, 24 Agustus 2021 - 08:04 WIB
India Setujui Penggunaan Vaksin DNA Tanpa Suntikan untuk Mengatasi Pandemi
Drug Controller General of India telah memberikan Otorisasi Penggunaan Darurat untuk vaksin ZyCov-D. Foto/dok
NEW DELHI - Drug Controller General of India telah memberikan Otorisasi Penggunaan Darurat untuk vaksin ZyCov-D. Ini adalah vaksin bebas jarum pertama yang disetujui untuk melawan COVID-19 dan perusahaan farmasi Zydus Cadila melaporkan kemanjuran 66 persen terhadap penyakit tersebut.

Vaksin akan diberikan dalam tiga dosis setiap 28 hari. Berdasarkan uji coba, vaksin itu diklaim baik dan aman. Vaksin telah diuji di lebih dari 28.000 sukarelawan termasuk 1.000 remaja antara 12 dan 18.

Persetujuan akan memungkinkan kelompok usia remaja untuk diimunisasi di India. Perusahaan mengharapkan untuk memproduksi antara 100 dan 120 juta dosis setiap tahun.

“Ini adalah tonggak bersejarah dengan ZyCoV-D, produk inovasi India yang menjadi vaksin DNA pertama di dunia yang ditawarkan untuk digunakan manusia dan mendukung upaya imunisasi terbesar di dunia,” kata Pankaj R. Patel, Ketua Cadila dalam sebuah pernyataan yang dikutip di IFL Science, Selasa (24/8/2021).

Vaksin DNA bekerja secara berbeda dari vaksin berbasis vektor seperti vaksin AstraZeneca, di mana virus yang dimodifikasi secara genetik dan tidak berbahaya digunakan untuk merangsang respons imun. Sebaliknya, ia menggunakan plasmid, yang merupakan lingkaran kecil DNA yang dapat bereplikasi dan dapat digunakan untuk merangsang tubuh manusia untuk menghasilkan protein lonjakan virus.

Keunggulan vaksin DNA adalah kemampuan membuat vaksin tersebut dengan cepat, murah, dan aman. Ini juga memungkinkan pengembangan versi yang diperbarui dengan sangat cepat. Ini bisa sangat berguna dalam memerangi varian yang muncul, seperti Delta yang paling umum di banyak negara di dunia.

Data dari Fase I uji klinis baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal EClinicalMedicine, yang diterbitkan oleh Lancet.

Ada ratusan vaksin DNA yang sedang diselidiki, banyak dari mereka berharap bisa digunakan untuk melawan kanker, penyakit parasit, influenza, dan HIV di antara banyak penyakit lainnya.