Penyediaan Air dan Sanitasi Berpengaruh Pada Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Kamis, 09 September 2021 - 12:28 WIB
loading...
Penyediaan Air dan Sanitasi Berpengaruh Pada Kesehatan dan Lingkungan Hidup
Pentingnya air bersih dan sanitasi pada kesehatan dan lingkungan hidup. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penyediaan air dan sanitasi yang aman serta lingkungan yang higienis/bersih menjadi penting agar mampu melindungi kesehatan manusia dari penyakit infeksi dan seperti Covid-19 saat ini..

Pentingnya hal tersebut membuat Workshop Dukungan Eksekutif dan Legislatif dalam rangka Keberlanjutan Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Golden City Hotel and Convention Center, Semarang, (09/09/ 2021) lalu. BACA JUGA - Belasan Lubang Besar Muncul, Ribuan Penduduk Takut Ditelan Bumi

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Dr Hari Nur Cahya mengatakan pengelolaan Program Pamsimas dengan menjaga komitmen perencanaan dan penganggaran daerah di bidang air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, sebagai bagian dari penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan target Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dalam prioritas nasional, air minum dan sanitasi termasuk dalam prioritas nasional nomor lima yakni, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar,” kata Hari Nur Cahya Murni.
Penyediaan Air dan Sanitasi Berpengaruh Pada Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Hari Nur Cahya Murni berharap pemerintah daerah dapat mengadopsi berbagai program nasional di bidang air minum dan penyehatan lingkungan ke dalam perencanaan pembangunan daerah dalam penerapan SPM, selain sebagai perwujudan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pencapaian target pembangunan nasional, juga untuk menjaga sustainability program di bidang air minum dan sanitasi.

“Kami meminta jajaran eksekutif yang diwakili Sekda dan legislatif oleh Ketua DPRD atau yang mewakili, khusus di kabupaten yang telah melaksanakan Pilkada serentak pada 2020 untuk dapat mengintegrasikan program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dalam dokumen perencanaan daerah, baik RPJMD maupun RKPD,” kata Hari Nur Cahya Murni.

Implementasi Teknologi Tepat Guna (TTG) sanitasi dan air minum pada daerah sulit sebagai upaya penyelesaian solusi percepatan akses untuk menjaga kesehatan dan lingkungan.

Oleh karenanya para Ketua DPRD dan Sekretaris Daerah (Sekda) dari 114 Kabupaten khususnya yang telah melakukan Pilkada di tahun 2020, se-Jawa Sumatera yang mengikuti Workshop Dukungan Eksekutif dan Legislatif dalam rangka Keberlanjutan PAMSIMAS.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)