Ilmuwan Ungkap Rahasia Pengalaman Orang Mati Suri dengan Kamera Virtual

Senin, 13 September 2021 - 13:30 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Rahasia Pengalaman Orang Mati Suri dengan Kamera Virtual
iasanya orang yang mati suri ini mengalami peristiwa dimana ruh melayang dan melihat dirinya sendiri. Foto/dok.
JAKARTA - Kehidupan setelah kematian pernah dialami beberapa orang yang mengalami suatu peristiwa seperti kecelakaan atau serangan jantung. Biasanya orang yang mati suri ini mengalami peristiwa dimana ruh melayang dan melihat dirinya sendiri.

Ilmuwan sendiri menamakan pengalaman tersebut adalah Out of Body Experiences (OBE). Namun berdasarkan penelitian, kasus tersebut terjadi karena adanya kerusakan otak.

Para ilmuwan memperkirakan sekitar 10 persen dari semua orang akan mengalami OBE sekali dalam hidup mereka. Ini dapat terjadi selama momen trauma hebat seperti kecelakaan mobil atau serangan jantung.

BACA: Amerika serikat Khawatir China Akan Mulai Perang di Luar Angkasa



Dalam kebanyakan kasus, pengalaman di luar tubuh dicirikan oleh perasaan yang tidak biasa tetapi anehnya nyata berada di luar tubuhnya. Pasien serangan jantung misalnya, sering mengaku telah melihat tubuh mereka saat ruhnya melayang di dekat langit-langit.

Pakar OBE sebelumnya mengatakan kepada Express.co.uk bahwa pengalaman itu mungkin terasa sangat nyata tetapi itu adalah halusinasi yang disebabkan oleh otak yang rusak. Para peneliti yakin bahwa kisah-kisah ini dapat dijelaskan melalui proses neurokimia di otak, dan bukan kekuatan supernatural di akhirat.

Menurut Dr Jane Aspell, seorang ahli saraf kognitif di Universitas Anglia Ruskin, ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa OBE murni merupakan proses fisik.

Dr Aspell menjelaskan bagaimana Anda dapat dengan aman mengalami sesuatu yang sangat mirip dengan OBE di rumah Anda. Sebagai bagian dari penelitiannya tentang aspek terapeutik OBE, ahli saraf telah mendorong OBE pada sukarelawan menggunakan headset realitas virtual.

BACA JUGA: Cara Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri, Gampang Kok!
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA