Amerika Serikat Khawatir China Akan Mulai Perang di Luar Angkasa

Minggu, 12 September 2021 - 08:01 WIB
loading...
Amerika Serikat Khawatir China Akan Mulai Perang di Luar Angkasa
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sudah mengingatkan Presiden AS Joe Biden terhadap kemungkinan serangan China terhadap aset luar angkasa mereka. Foto/dok
WASHINGTON - Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sudah mengingatkan Presiden AS Joe Biden terhadap kemungkinan serangan China terhadap aset luar angkasa mereka.

Apalagi saat ini China memiliki rudal yang dapat diluncurkan dari darat ke luar angkasa untuk menghancurkan satelit yang ada di luar angkasa.

Kepala Angkatan Luar Angkasa AS, John Raymond mengklaim Beijing telah membangun sejumlah besar teknologi luar angkasa yang dapat memerangi satelit AS. Ini termasuk jammer reversibel dari sistem GPS AS, yang menyediakan navigasi dengan ketepatan waktu dan komunikasi satelit.

BACA: Militer AS Bangun Laboratorium Baru untuk Angkatan Luar Angkasa



Raymond mengatakan, China memiliki rudal yang dapat diluncurkan dari darat dan menghancurkan satelit.

"Saya yakin bahwa kemampuan yang mereka kembangkan ini akan digunakan oleh mereka dalam upaya mereka dalam setiap potensi konflik," katanya seperti dikutip Express.co.uk, Sabtu (11/9/2021).

Seperti diketahui, Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat ini merupakan pesaing terbesar Joe Biden saat perlombaan antariksa baru dibuka. Mereka berdua bekerja pada teknologi anti-satelit serupa yang membuat para pemimpin militer waspada.

Itu karena komunikasi dan satelit GPS adalah kunci operasi militer di banyak negara. Jika satelit mengalami kegagalan, itu dapat menempatkan militer mana pun pada kerugian taktis yang serius.

BACA JUGA: Honda Siap Tes Kendaraan Otonom Terbaru di Jepang

Di bawah kepemimpinan Donald Trump, hubungan AS-China memburuk setelah mendirikan Angkatan Luar Angkasa, yang merupakan angkatan militer baru di AS. Trump ingin menjadikan AS kekuatan global yang dominan di luar angkasa, yang telah mendorong kekuatan dunia lain untuk mengikutinya.



Badan Antariksa Nasional China kini telah meluncurkan pesawat ruang angkasa Shenzou-12 yang akan membawa tiga astronot ke stasiun ruang angkasa baru Tiangong, untuk pertama kalinya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA