Jepang Temukan Gelembung Zat Asing di Vaksin Covid-19

Kamis, 16 September 2021 - 07:15 WIB
loading...
Jepang Temukan Gelembung Zat Asing di Vaksin Covid-19
Pemerintah Jepang temukan gelembung zat asing di vaksin Covid-19. FOTO Ilustrasi/ IST
TOKYO - Otoritas Jepang mengkonfirmasi telah penemuan zat asing dalam lima vaksin Covid-19 tipe Pfizer di dua kota dekat Tokyo dan satu di prefektur Osaka.

Seperti dilansir dari Kyodo, menurut otoritas kota Sagamihara dan Kamakura dan Sakai, gelembung vaksin yang mengandung benda asing putih dan mengambang berasal dari lot yang sama yaitu FF5357. BACA JUGA - Putri Gus Dur Terkejut Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang

Namun, ketiga kota tersebut telah meminta perusahaan farmasi Pfizer Inc. untuk memeriksa bahan tersebut.

Bahan yang terkontaminasi terdeteksi di tiga pusat vaksinasi di Sagamihara antara Sabtu dan kemarin, satu pusat vaksinasi di Kamakura pada hari Minggu dan satu pusat vaksinasi di Sakai kemarin.



Namun petugas kesehatan tidak menggunakan dosis yang mengandung bahan yang terkontaminasi, dan pada saat yang sama terus memberikan vaksin dari lot yang sama yang disertifikasi tidak terkontaminasi.

Bulan lalu, Kementerian Kesehatan Jepang menghentikan penggunaan sekitar 1,63 juta dosis vaksin Covid-19 Moderna sebagai tindakan pencegahan setelah menemukan banyak zat asing di dalam gelembungnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA