Monster Cumi-cumi Penjaga Kapal Karam Menampakan Diri di Laut Merah

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 20:05 WIB
loading...
Monster Cumi-cumi Penjaga Kapal Karam Menampakan Diri di Laut Merah
Tim ahli biologi kelautan, Oceanx dikejutkan dengan penampakan monster cumi-cumi yang sangat besar saat meneyelidiki bangkai kapal karam di Laut Merah. Foto/OceanX
A A A
JAKARTA - Tim ahli biologi kelautan, Oceanx dikejutkan dengan penampakan monster cumi-cumi yang sangat besar saat menyelidiki bangkai kapal karam di Laut Merah.

Saat menyelidiki kapal Pella yang tenggelam pada November 2011, tim menemukan cumi-cumi raksasa di kedalaman 2.800 kaki.

"Saya tidak akan pernah melupakan apa yang terjadi selanjutnya selama saya hidup," kata pemimpin program sains OceanX Mattie Rodrigue dalam video yang diambil dari penemuan tersebut yang dikutip Daily Mail, Sabtu (9/10/2021).

BACA: Kraken tertangkap Google Maps, Inilah Teritorial Habitat Monster Laut

Baru pada September 2021 tim mengetahui bahwa makhluk misterius itu adalah 'bentuk raksasa' dari cumi-cumi terbang ungu, yang biasanya tumbuh hingga dua kaki panjangnya.

Tim OceanX melakukan perjalanan ke Laut Merah menggunakan kapal OceanXplorer yang dilengkapi dengan kapal selam, derek sonar array, dan alat berat lainnya.

Dua kapal selam Triton berawak dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 3.280 kaki hingga delapan jam.

Saat para peneliti menggunakan robot bawah air untuk menyelam di sekitar kapal karam, makhluk raksasa itu berenang mendekati.

Rodrigue mencari tahu ke Dr Michael Vecchione, seorang ahli zoologi NOAA, yang menyimpulkan makhluk misterius itu adalah bentuk raksasa dari cumi-cumi terbang punggung ungu.

BACA JUGA: Tips Biar Hemat Bahan Bakar, Perhatikan 5 Cara Ini

Kemudian Vecchione menjelaskan, bahwa ukuran sirip hewan tersebut relatif terhadap tubuhnya menunjukkan bahwa itu bukanlah cumi-cumi raksasa terbesar yang pernah ditemukan.

Siripnya pendek dan lebar dan membentuk apa yang tampak seperti bentuk mata panah, sedangkan pada cumi-cumi raksasa biasanya besar dan berotot.

Cumi-cumi raksasa yang berada di laut dalam bisa tumbuh hingga sepanjang 66 kaki. Cumi-cumi jenis ini terakhir ditemukan pada Oktober 2016 dan berukuran panjang 30 kaki.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1611 seconds (11.210#12.26)