Astronom Ungkap Gambar 42 Asteroid Terbesar di Tata Surya

Rabu, 13 Oktober 2021 - 08:28 WIB
Astronom Ungkap Gambar 42 Asteroid Terbesar di Tata Surya
42 asteroid yang berhasil dipotret oleh tim ilmuwan internasional menggunakan Very Large Telescope milik European Southern Observatory. Foto/ESO
JAKARTA - Tim astronom internasional berhasil memotret 42 objek terbesar yang berada di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter menggunakan Very Large Telescope milik European Southern Observatory.

"Hanya tiga asteroid sabuk utama besar, Ceres, Vesta dan Lutetia, yang telah dicitrakan dengan tingkat detail yang tinggi sejauh ini," kata astronom Pierre Vernazza dari Laboratoire d'Astrophysique de Marseille di Prancis seperti dikutip Science Alert, Rabu (13/10/2021).

Astronom berhasil memotret 42 asteroid ini karena mereka dikunjungi oleh misi luar angkasa Dawn dan Rosetta dari NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Bulan lalu, para peneliti mengungkapkan gambar asteroid aneh berbentuk tulang anjing bernama Kleopatra. Data mengungkapkan bahwa dua bulan Kleopatra mungkin terbentuk dari debu yang dikeluarkan oleh asteroid itu sendiri.

Sedangkan Ceres, objek terbesar yang diselidiki dalam survei dengan diameter 940 kilometer memiliki bentuk cukup bulat. Vesta, yang terbesar kedua dengan diameter 520 kilometer, memiliki bentuk yang lebih tidak rata.

Flora dan Adeona, masing-masing memiliki diameter 146 dan 144 kilometer, juga cukup bulat. Untuk Sylvia memiliki ukuran sekitar 274 kilometer dengan bentuk memanjang dengan kerapatan sekitar 1,3 gram per sentimeter kubik, sekitar kerapatan yang sama dengan batu bara.

Asteroid paling padat adalah Psyche dan Kalliope, dengan kepadatan masing-masing 3,9 dan 4,4 gram per sentimeter kubik. Kepadatan ini lenbih tinggi daripada berlian yang menunjukkan kalau komposisi asteroid itu terdiri dari besi dan batu.

Ini menunjukkan bahwa objek di sabuk asteroid kemungkinan berasal dari berbagai wilayah Tata Surya sebelum berakhir di tempat mereka sekarang.