Ini 3 Negara yang Sudah Mendarat di Bulan, India dan Israel Gagal

Selasa, 19 Oktober 2021 - 12:03 WIB
loading...
Ini 3 Negara yang Sudah Mendarat di Bulan, India dan Israel Gagal
Negara yang sudah mendarat di bulan diketahui baru Amerika, Rusia, dan China. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Negara yang sudah mendarat di bulan diketahui baru Amerika, Rusia, dan China. Namun sejumlah negara lain juga berlomba-lomba untuk mengikuti jejak ketiga negara tersebut namun mengalami kegagalan.

Kini sejumlah negara maju sedang mengembangkan robot penjelajah untuk mengeksplorasi permukaan bulan dan mengetahui kemungkinan untuk mendukung adanya kehidupan.

Sejauh ini baru tiga negara yang berhasil mendaratkan astronot maupun penjelajahnya di bulan. Ketiga negara tersebut, yaitu Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.



Berikut negara-negara yang sudah berhasil ke Bulan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Uni Soviet

Ini 3 Negara yang Sudah Mendarat di Bulan, India dan Israel Gagal


Di era perang dingin, Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mengirim wahana tak berawak Luna 2 ke permukaan bulan pada tahun 1959 menggunakan roket Sputnik. Namun baru beberapa tahun kemudian, Uni Soviet berhasil memotret permukaan bulan setelah mengirim wahana Luna 9 dan Luna 13.

Selanjutnya pada misi Luna 16 pada 24 September 1970, Uni Soviet berhasil mengambil contoh batu permukaan bulan dan membawanya ke bumi. Keberhasilan ini diikuti oleh misi berikutnya yakni, Luna 20 (1972) dan Luna 24 (1976).

Keberhasilan misi tak berawak Uni Soviet ini bukan tanpa kendala karena beberapa misi juga mengalami kegagalan. Pada pengiriman Luna 23, Uni Soviet berhasil mendaratkan wahana itu ke bulan namun peralatan ilmiah yang dibawa gagal beroperasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)