5 Fakta Keberadaan Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya yang Misterius

Selasa, 02 November 2021 - 14:42 WIB
loading...
5 Fakta Keberadaan Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya yang Misterius
Ilustrasi, sejumlah bukti keberadaan harta karun kerajaan Sriwijaya ditemukan, namun hingga kini keberadaan Pulau Emas itu masih misterius. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Arkeolog asing menyoroti keberadaan harta karun peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang diperkirakan berada di dalam Sungai Musi, Palembang. Meski sejumlah bukti keberadaan harta karun kerajaan Sriwijaya ditemukan, namun hingga kini keberadaan Pulau Emas itu masih misterius.

Arkeolog Kelautan dari Inggris, Sean Kingsley mengatakan, penemuan sejumlah harta karun dari sungai Musi itu merupakan sisa-sisa dari Pulau Emas yang telah lama hilang.

Kingsley menyayangkan hingga kini, tidak ada penggalian arkeologis resmi yang dilakukan pemerintah Indonesia terkait pengungkapan Pulau Emas ini.

"Hampir tidak ada bukti fisik dan jejak yang tersisa dari kejayaan kerajaan Sriwijaya kecuali artefak dari sungai Musi," katanya seperti dikutip Live Science.



Berikut fakta-fakta keberadaan Pulau Emas peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang diolah dari berbagai sumber:

1. Kerajaan Sriwijaya Berdiri di Atas Sungai Musi

Sampai saat ini belum ada jejak yang tersisa dari Kerajaan Sriwijaya kecuali harta karun yang ditemukan di dalam Sungai Musi. Arkeolog hanya menemukan reruntuhan candi yang terbuat dari batu bata dan beberapa prasasti yang menunjukan bahwa di tempat itu terdapat pelabuhan.

Bagaimana peradaban yang begitu kaya bisa lenyap tanpa jejak? Kemungkinan karena Kerajaan Sriwijaya dibangun di atas sugai dengan struktur sebagian besar terdiri dari struktur kayu yang rapuh.

Gaya arsitektur dunia air ini masih terlihat di beberapa sungai di Asia Tenggara hingga saat ini. Rumah-rumah dibangun di atas rakit dan diikat menjadi semacam kota terapung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)