Kepala Dewi Cinta Ditemukan Terbenam di Kota Kuno Aizanoi

Jum'at, 05 November 2021 - 18:05 WIB
loading...
Kepala Dewi Cinta Ditemukan Terbenam di Kota Kuno Aizanoi
Arkelolog Turki menemukan patung kepala Aphrodite dan Dionysus di Kota Kuno Aizanoi, Anatolia, Turki. Foto/Ist/Anadolu Agency
A A A
ANATOLIA - Arkeolog Turki mendapatkan penemuan penting saat melakukan penelitian di Kota Kuno Aizanoi, Anatolia, Turki . Para arkelolog menemukan patung kepala Aphrodite dan Dionysus yang terbenam di dasar sungai.

Dalam mitologi Yunani Aphrodite dikenal sebagai Dewi Cinta dan Dionysus sebagai Dewa Anggur (Wine). Patung kepala Aphrodite dan Dionysus terbuat dari batu kapur yang terukir apik. Ukuran patung kepala Aphrodite berdiameter 19 inci dan patung kepala Dionysus berukuran 17 inci.

"Ini adalah temuan penting bagi kami, karena menunjukkan bahwa budaya politeistik Yunani kuno ada untuk waktu yang lama tanpa kehilangan posisi pentingnya di era Romawi," kata koordinator penggalian Gokhan Coskun kepada Anadolu Agency, Jumat (5/11/2021). (Baca juga; Kuil Dewi Cinta Yunani Kuno Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Turki )

Coskun menjelaskan, tubuh patung-patung itu sudah ditemukan dalam penggalian sebelumnya. Namun, masih belum jelas bagaimana kepala-kepala itu bisa terpisah. “Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin ada bengkel patung di wilayah tersebut," kata Coskun.

Di Turki masih dapat ditemukan situs dari banyak pemukiman era Yunani dan Romawi kuno, seperti Kota kuno Aizanoi. Bahkan untuk Aizanoi, memiliki sejarah sejak 5.000 tahun yang lalu dan dimasukkan dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012. (Baca juga; Patahkan Argumen Filsuf Yunani, Misteri Orang Etruria Kuno Terungkap )

Aizanoi terletak di Anatolia barat, Turki, dan memiliki banyak artefak bersejarah, termasuk salah satu kuil kuno yang dibangun untuk Dewa Zeus. Fitur penting lainnya termasuk dua pemandian bergaya Turki, gimnasium, gua suci Meter Steune, dan jembatan Romawi yang masih digunakan sampai sekarang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)