4 Astronot NASA Dijadwalkan Kembali ke Bumi, Sudah 6 Bulan Tinggal di Luar Angkasa

Senin, 08 November 2021 - 06:01 WIB
loading...
4 Astronot NASA Dijadwalkan Kembali ke Bumi, Sudah 6 Bulan Tinggal di Luar Angkasa
Empat astronot NASA dijadwalkan untuk kembali ke bumi pada Senin (8/11/2021), setelah enam bulan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Foto/Ist/zbcnews
A A A
CALIFORNIA - Empat astronot NASA dijadwalkan untuk kembali ke bumi pada Senin (8/11/2021), setelah enam bulan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Empat astronot anggota misi Crew-2, termasuk seorang astronot Prancis dan Jepang, akan kembali ke Bumi sebelum kedatangan kru pengganti karena tertunda akibat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

NASA dalam keterangan resmi yang diriils Jumat (5/11/2021) malam menyebutkan anggota Crew-2 akan kembali ke Bumi Senin (8/11/2021) sekitar pukul 7:14 EST atau 19.14 WIB. Sedangkan pesawat ruang angkasa Endeavour yang membawa para astronot dijadwalkan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Minggu 18.05 GMT atau pukul 1.05 WIB untuk memulai perjalanan pulang.

“Saat kami bersiap untuk pergi, ini semacam perasaan pahit. Kami mungkin tidak akan pernah kembali untuk melihat ISS, dan ini benar-benar tempat yang ajaib," kata astronot Prancis Thomas Pesquet saat konferensi pers dari stasiun luar angkasa. (Baca juga; NASA Kembali Tunda Pengiriman Astronot ke Stasiun Luar Angkasa )

"Saya sangat bersyukur bahwa orang-orang memimpikan bisa tinggal di ISS. Kemudian bekerja keras untuk mewujudkannya dan membangunnya untuk kepentingan semua orang," tambah Pesquet dikutipzbcnews.

Setelah terlepas dari ISS, Endeavor akan memulai perjalanan selama beberapa jam. Durasi perjalanan sangat bergantung pada lintasannya. Kemudian akan mendarat di lepas pantai Florida. (Baca juga; 3 Taikonot China Siap Melakukan Misi Space Walk )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)