Fosil Terbesar di Dunia Ditemukan di Argentina, Ini Fakta-Faktanya

Jum'at, 12 November 2021 - 22:25 WIB
Berdasarkan penelitian dari ahli palaentologi, fosil tersebut diperkirakan milik sauropoda raksasa. Besarnya lebih dari 10-20 persen dari Patagotitan mayorum, dinosaurus terbesar yang pernah diidentifikasi.

Sauropoda adalah dinosaurus besar berleher panjang, berekor panjang, pemakan tumbuhan dan disebut sebagai makhluk darat terbesar yang pernah hidup. Patagotitan, juga dari Argentina, memiliki berat sekitar 70 ton dan panjang 40 meter (131 kaki), atau kira-kira panjang empat bus sekolah.

3. Berasal dari 98 Juta Tahun Lalu

Fosil Terbesar di Dunia Ditemukan di Argentina, Ini Fakta-Faktanya

Direktur Museum Ilmu Pengetahuan Alam Zapala mengatakan, fosil itu ditemukan di lapisan batu yang berasal dari sekitar 98 juta tahun lalu selama periode Kapur Atas. Fosil tersebut kemungkinan ditemukan dalam kondisi lengkap sehingga perlu perhatian ekstra pada saat penggalian.

4. Perlu Bertahun-Tahun Menggali Seluruh Fosilnya

Menurut paleontolog dari Museum Egidio Feruglio, Jose Luis Carballido, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk melakukan penggalian. Ini karena fosil tersebut masih berada di dalam batu dan perlu kehati-hatian agar tidak merusak fosil tersebut.