Robot Pembantu Medis Mampu Lakukan Swab Tenggorokan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 04:45 WIB
loading...
A A A
Tim USD tidak sendiran, mereka dibantu oleh para peneliti dari Rumah Sakit Universitas Odense (OUH). Ini dilakukan untuk memastikan pergerakan robot dapat mengenai tempat yang tepat di belakang tenggorokan pasien.

Direktur OUH, Kim Brixen, mengungkapkan, robot swab tenggorokan memberikan keuntungan besar bagi tenaga kesehatan. Mereka tidak lagi merasakan sakit, lelah atau bosan dengan pekerjaan yang monoton.

"Tugas itu menjadi hari kerja yang panjang untuk pekerjaan monoton. Pada saat yang sama, karyawan sangat dibutuhkan untuk tugas atau fungsi lain," kata Brixen.

Pengujian skala besar adalah bagian utama dari respons terhadap pandemik COVID-19. Banyak di antara masyarakat yang akan kembali untuk mendapatkan tindakan medis tersebut.

"Robot memiliki potensi besar untuk skrining massal COVID-19 di sektor kesehatan dan juga dalam kaitannya dengan kontrol perbatasan atau di bandara," tambah Brixen.

Tantangan bagi tim sekarang adalah bagaimana meningkatkan pengembangan dan menemukan investor. Mereka harus bersiap untuk menghadapi kemungkinan gelombang virus kedua.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)