8 Fakta Menarik Tentang Buaya, Semua di Luar Nalar

Senin, 22 November 2021 - 12:33 WIB
loading...
8 Fakta Menarik Tentang Buaya, Semua di Luar Nalar
Buaya termasuk reptil adaptif karena dapat hidup di berbagai lingkungan, termasuk danau, sungai, air tawar, air asin dan air payau (campuran garam dan air tawar). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BUAYA adalah hewan yang pernah hidup bersama dinosaurus, tetapi selamat dari kepunahan massal dan bertahan hidup sampai zaman modern sekarang.

Buaya termasuk reptil adaptif karena dapat hidup di berbagai lingkungan, termasuk danau, sungai, air tawar, air asin dan air payau (campuran garam dan air tawar).

Bukan itu saja kelebihan buaya yang membuatnya ditakuti. Dikutip dari laman newsweek, berikut 8 fakta menarik yang perlu diketahui dari buaya:

1. Buaya Adalah Reptil Terbesar di Bumi
Buaya ada sebelum dinosaurus. Meskipun tidak sebesar T-Rex, buaya bertahan lebih lama. Buaya air asin adalah reptil air terbesar di Bumi. Panjang buaya bisa mencapai lebih dari 23 kaki (7 meter) dan berat lebih dari 2.200 pon (1.000 kg). (Baca juga; Apa Perbedaan Buaya dan Aligator? )

2. Buaya Benar-Benar Menghasilkan Air Mata
8 Fakta Menarik Tentang Buaya, Semua di Luar Nalar

Pernah mendengar ungkapan Air Mata Buaya? Ungkapan itu untuk menunjukkan penyesalan yang tidak tulus. Tapi ternyata buaya benar-benar mengeluarkan air mata. Buaya mengeluarkan air mata ketika mereka memakan mangsanya. Namun, bukan berarti mereka benar-benar sedih.

Ahli zoologi UF Kent Vliet mengatakan air mata pada buaya terjadi sebagai akibat dari napas yang terengah-engah atau mendesis seperti layaknya perilaku reptil ketika sedang makan mangsa.

Udara yang dipaksa melalui sinus bercampur dengan air mata di kelenjar lakrimal buaya, atau air mata, yang bermuara di kelompak mata. Kelenjar menghasilkan cairan yang membantu untuk membersihkan mata dan melumasi bagian membran nictitating di permukaan mata buaya.

3. Buaya Tertua Hidup 140 Tahun
Buaya air asin memiliki umur rata-rata 70 tahun. Buaya Nil bisa hidup hingga 100 tahun. Namun, beberapa buaya telah memecahkan rekor tersebut dan hidup lebih lama. (Baca juga; 10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk )

Mr Freshie adalah buaya air tawar di Kebun Binatang Australia hidup sampai 140 tahun. Menjadikannya buaya tertua yang diketahui ditangkaran. Dia hidup lama meskipun ditembak dua kali di bagian ekor dan mata kiri, luka tembakan itu membuatnya buta dan terluka parah.

4. Buaya Tidak Bisa Mengunyah Makanan
Rahang buaya tidak bisa bergerak ke samping, artinya reptil ini tidak bisa menggiling atau mengunyah makanan. Buaya merobek potongan tubuh mangsanya dan menelannya secara utuh. Tidak sulit bagi buaya karena reptil ini memiliki gigitan terkuat di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)