Bukan Mitos, Ikan Paus Bertanduk Ternyata Ada dan Hidup di Arktik

Selasa, 23 November 2021 - 12:10 WIB
loading...
Bukan Mitos, Ikan Paus Bertanduk Ternyata Ada dan Hidup di Arktik
Di perairan Arktik yang dingin, terdapat ikan paus bertanduk satu yang menyerupai hewan dongeng kuda unicorn. Foto/dok
JAKARTA - Selama ini, hewan bertanduk biasanya dimiliki oleh binatang yang ada di darat. Namun di perairan Arktik yang dingin, terdapat ikan paus bertanduk satu yang menyerupai hewan dongeng kuda unicorn.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), ikan tersebut disebut narwhal yang mengacu pada kulit abu-abu paus yang belang-belang. Narwhals adalah sumber penghidupan yang penting bagi orang Inuit, kelompok masyarakat adat yang terkait secara budaya di Greenland, Kanada, dan Alaska.

Ahli biologi kutub dari University of Washington Kristen Laidre mengatakan, narwhal adalah salah satu hewan yang paling sulit untuk dipelajari. Ikan yang merupakan saudara dekat dari paus beluga ini memiliki ukuran yang sama dan kerap melakukan kawin silang. "Narwhal pada dasarnya sangat sulit dipahami dan licik," katanya seperti dikutip Live Science, Selasa (23/11/2021).

BACA: Bikin Heboh, Ikan Mola-mola Langka Seberat 2 Ton Tertangkap Jaring Nelayan



Hal yang paling unik dari narwhal adalah gading spiral yang mengesankan. Tetapi hanya beberapa narwhal yang memilikinya, biasanya jantan dewasa dengan panjang sekitar 4,6 meter dan berat 1.590 kilogram.

Tanduk yang tumbuh di kepala narwhal sebenarnya adalah gigi panjang yang menonjol, tumbuh hingga panjang 3 meter, menurut Pusat Sains Kutub di Universitas Washington. Ini jarang terjadi, tetapi beberapa jantan memiliki dua tanduk biasanya satu lebih kecil dari yang lain.

Beberapa teori menyatakan bahwa tanduk atau gading itu alat untuk bertahan hidup. Karena paus mungkin menggunakannya untuk memecah es di permukaan, menombak ikan, atau menggali makanan di dasar laut.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal The Anatomical Record menemukan bahwa gading misterius narwhal penuh dengan ujung saraf sensitif yang memungkinkan paus mendeteksi perubahan lingkungan, seperti fluktuasi suhu dan salinitas. Temuan ini menunjukkan bahwa gading mungkin juga merupakan organ sensorik.

Bukan Mitos, Ikan Paus Bertanduk Ternyata Ada dan Hidup di Arktik
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA