Bukan Mitos, Ikan Paus Bertanduk Ternyata Ada dan Hidup di Arktik

Selasa, 23 November 2021 - 12:10 WIB
loading...
A A A
Ahli biologi memperkirakan bahwa narwhals hidup antara 30 dan 40 tahun, menurut NOAA. Narwhal betina mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 4 hingga 7 tahun, sedangkan jantan antara 8 atau 9 tahun.

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menganggap narwhal sebagai spesies yang populasinya tidak terancam punah. IUCN memperkirakan bahwa saat ini ada sekitar 123.000 ekor ikan dewasa yang dibagi menjadi 12 subpopulasi di Kutub Utara.



Tetapi mirip dengan semua satwa liar Arktik lainnya, narwhal cenderung berjuang dalam menghadapi perubahan iklim. Rekor suhu hangat di Kutub Utara telah menyebabkan es laut menghilang pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Kenyataan lain, narwhal adalah mamalia laut yang paling rentan terhadap peningkatan aktivitas manusia di Kutub Utara. Karena makhluk yang terisolasi ini sangat sensitif terhadap aktivitas kapal.

Peningkatan lalu lintas kapal kemungkinan akan mengakibatkan tabrakan yang lebih mematikan. Narwhals, mirip dengan paus lainnya, mengandalkan pendengaran untuk memahami lingkungan mereka.

Sumber kebisingan buatan manusia dapat mengganggu kemampuan narwhal untuk mendengar dan berkomunikasi dan dapat menghambat kemampuan mereka untuk menemukan mangsa atau pasangannya, bernavigasi, dan menghindari pemangsa.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)