NASA Pastikan Batuan dari Bulan Bisa Jadi Oksigen Penduduk Bumi

Selasa, 30 November 2021 - 22:12 WIB
loading...
NASA Pastikan Batuan dari Bulan Bisa Jadi Oksigen Penduduk Bumi
( NASA ) percaya bahwa batuan di permukaan Bulan memiliki potensi untuk menyimpan oksigen . FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional ( NASA ) percaya bahwa batuan di permukaan Bulan memiliki potensi untuk menyimpan oksigen yang cukup untuk mendukung populasi penduduk Bumi yang ada saat ini yang berjumlah 8 miliar orang untuk 100.000 tahun ke depan.

Seperti dilansir dari Daily Star Senin (30/11/2021) meskipun batuan dikatakan memiliki simpanan oksigen, namun tidak ada satupun yang berupa gas yang dapat digunakan untuk bernafas.

BACA JUGA - Danau-danau Kering Bermunculan, Bukti Bumi Bocor Tak Terbantahkan

Sebaliknya, ia terperangkap dalam lapisan bebatuan dan debu halus yang menutupi permukaan Bulan yang disebut regolith.

Namun, NASA percaya bahwa jika oksigen dapat diekstraksi dari regolith, ada kemungkinan bahwa Bulan berpotensi menampung kehidupan manusia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menemukan bahwa permukaan Bulan memiliki banyak oksigen terperangkap dalam bentuk silika oksida, aluminium, besi dan magnesium, sedangkan regolith terdiri dari 45 persen kandungan oksigen.

Karena itu, NASA berharap Bulan bisa mengantarkan gas oksigen ke kehidupan di Bumi selama 100.000 tahun ke depan jika oksigen itu bisa diekstraksi.

Saat ini, NASA sedang mengumpulkan batu tersebut melalui misi Artemis NASA dan sedang digunakan dalam studi lebih lanjut sampai organisasi tersebut menemukan cara untuk mengekstraknya secara efektif.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1484 seconds (11.252#12.26)