10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:01 WIB
loading...
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa
Sejumlah pesawat dirancang dengan ukuran besar bak monster agar mampu mengangkut beban besar. Foto/aeromagazine
A A A
PESAWAT memiliki keunggulan dalam kecepatan dan mampu memangkas jarak dengan kemampuan manuver di udara. Untuk memaksimalkan kemampuan itu, sejumlah pesawat dirancang dengan ukuran besar bak monster agar mampu mengangkut beban besar.

Ada sejumlah pesawat berukuran bak monster, dengan panjang bodi melebihi ukuran kolam renang olimpiade, tinggi setara bangunan 5 lantai, dan bobot melebihi berat dari tank. Pesawat ini memiliki sayap lebih panjang dari lapangan sepak bola dan disematkan enam mesin.

Berikut daftar 10 pesawat berukuran bak monster yang mendominasi di udara dikutip SINDOnews dari laman popular mechanic;

1. Antonov An-225 Mriya
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Antonov An-225 adalah pesawat terbesar dan terberat di dunia. Biro Desain Antonov hanya membangun satu unit pesawat kargo monster ini. Antonov merancangnya untuk membawa pesawat luar angkasa Buran (pesawat ulang-alik versi Soviet) serta pendorong roket Energia. Namun, pesawat bertugas membawa kargo berukuran besar maksimum 710 ton saat lepas landas.

Antonov An-225 memegang rekor untuk total muatan udara di 559.580 pound (253,8 ton) dan muatan barang tunggal yang diangkut di 418.830 pound (189,9 ton). Ini memiliki rentang sayap terpanjang yaitu 88,4 meter dan dibekali enam mesin. (Baca juga; Diupgrade Pakai Avionik Flight2, Kokpit Pesawat C-130 Hercules TNI AU Jadi Serba Digital )

2. Aero Spacelines Super Guppy
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Super Guppy pertama dibangun dari pesawat Boeing C-97 Stratofreighter, yang pertama kali terbang pada tahun 1965. Pesawat kargo turboprop ini sebagian besar digantikan oleh Airbus Beluga untuk pengiriman kargo besar.

Namun, NASA masih mengoperasikan Super Guppy karena dinilai ideal untuk mengangkut pesawat ruang angkasa dan komponen roket. Saat ini hanya ada satu unit Super Guppy yang dioperasikan oleh NASA. (Baca juga; Bakal Perkuat TNI AU, Ini Perbandingan Airbus A400M dengan Hercules C-130 )

3. C-5 Galaxy Lockheed
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Dengan kapasitas angkut hampir 135 ton, C-5 Galaxy adalah pesawat terbesar yang secara rutin dioperasikan oleh militer AS. C-5 memiliki ruang kargo yang cukup untuk membawa dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, tiga Black Hawk, atau berbagai kendaraan lainnya. (Baca juga; Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis )

Tanpa kargo, C-5 Galaxy dapat terbang hingga 7.000 mil tanpa pengisian bahan bakar. Ini menjadikannya pengangkut udara militer jarak jauh di dunia. Ini sangat mendukung operasional Angkatan Udara AS untuk mengangkut barang secara cepat.

4. Boeing 747 Dreamlifter
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Pada tahun 2000-an, Boeing merasa membutuhkan pesawat kargo dengan penyimpanan yang sangat besar untuk mengangkut komponen 787 Dreamliner, yang suku cadangnya dibuat di seluruh dunia. Solusinya adalah mengambil pesawat terbesarnya, 747, dan membangun ruang kargo khusus di sekitarnya.

Dengan volume 65.000 kaki kubik, Dreamlifter memiliki ruang kargo terbesar di dunia, mampu membawa tiga kali volume kargo 747-400F. Keempat Dreamlifter buatan Boeing ini juga menggunakan loader kargo terpanjang di dunia dan mampu mengangkut muatan hingga 125 ton. (Baca juga; United Airlines Cetak Sejarah, Pakai BBM Campuran Minyak Nabati )

5. Antonov An-124 Ruslan
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Inilah monster lain yang dirancang dan dibangun oleh Biro Desain Antonov. An-124 Ruslan, yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia, adalah pesawat militer terbesar di dunia. Selama hampir 30 tahun setelah diperkenalkan pada tahun 1984, An-124 (nama lain dari NATO: Condor) adalah pesawat kargo terbesar dan terberat di dunia.

Dengan kapasitas muatan yang dilaporkan sebesar 165 ton, An-124 dapat mengangkut lebih banyak dibandingkan Galaxy C-5, meskipun jangkauannya tidak terlalu jauh. Keunggulan teknik yang dimiliki An-124 mampu terus bertahan dan menerbangkan misi pengangkutan udara ke Rusia. (Baca juga; Mobil Terbang Pertama di Jepang Lulus Uji Keamanan, Diharapkan Bisa Dijual Mulai 2025 )

6. Boeing B-52 Stratofortress
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Pesawat B-52 memasuki layanan pada tahun 1955, dan B-52H pertama, model saat ini, memulai debutnya pada tahun 1961. Pengebom B-52 adalah kakek dari pesawat milik Angkatan Udara AS: usia boleh menua, tetapi masih mampu memberikan pukulan yang serius.

Pesawat B-52 dapat membawa 70.000 pon senjata, mulai dari bom konvensional berpemandu presisi hingga hulu ledak nuklir. Angkatan Udara AS ingin melengkapi B-52 yang andal dengan mesin baru untuk meningkatkan efisiensi dan jangkauan.

Pengebom raksasa ini sudah memasuki enam dekade layanan di Angkatan Udara AS dan teknologi dalam genggamannya terus berkembang. Angkatan Udara AS juga berencana untuk melengkapi B-52 dengan rudal Long Range Stand Off dan rudal jelajah nuklir siluman.

7. Airbus Beluga
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Airbus A300-600 Super Transporter, biasa disebut Beluga, dirancang khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat yang besar, mirip dengan Dreamlifter. Memasuki layanan pada tahun 1995, pesawat ini menggantikan Super Guppy, melayani kebutuhan Eropa untuk kargo udara besar.

Bagian yang berbeda dari pesawat dirancang dan dibangun oleh para insinyur Airbus di seluruh Eropa, di negara-negara termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol. Payload bay sepanjang 124 kaki dapat membawa hampir 52 ton.

8. Airbus BelugaXL
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Selain Beluga, ada paus yang lebih besar lagi yaitu BelugaXL. Dikembangkan pada tahun 2014, BelugaXL sejak pertama beroperasi sampai 2020 sudah lebih menjalani 200 uji penerbangan. Pesawat ini memiliki panjang 206 kaki dan memiliki penampang terbesar dari semua pesawat kargo di dunia.

BelugaXL memiliki ukuran sayap yang lebih besar dibandingkan Beluga. Sepasang mesin turbofan Rolls-Royce Trent 700 membantu menjaga pesawat raksasa itu mengudara.

9. Boeing 747
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Boeing telah membangun lebih dari 1.500 Boeing 747 dan berfungsi sebagai pesawat penumpang maupun kargo terbesar di dunia, pusat komando militer di angkasa, Air Force One, dan pengangkat pesawat ulang-alik serta penerbang teleskop inframerah untuk NASA. Bahkan, Iron Maiden memiliki satu yang disebut Ed Force One.

Pesawat sedang dihapus dari maskapai penerbangan yang mendukung desain lorong tunggal untuk dapat terbang dengan jangkauan untuk melintasi lautan. Tetapi sebagai satu-satunya jet jumbo empat mesin yang diproduksi massal di AS, Boeing 747 masih banyak digunakan.

10. Boeing C-17 Globemaster III
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Pesawat C-5 Galaxy mungkin pesawat militer terbesar AS, tetapi C-17 Globemaster adalah pekerja keras utama. Pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1991 dan ada 279 Globemasters yang dibuat.

Pengangkut udara C-17 dapat mengangkut sekitar 85,5 ton kargo dan pasukan untuk misi ke seluruh dunia, melakukan pengangkutan udara dan evakuasi medis, serta menerbangkan rute penerjunan udara.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)