Selasa, 14 Desember 2021 - 20:18 WIB
Mars Punya Gunung Berapi yang Dahsyat, Tingginya Sekitar 6,8 Km
Planet Mars mempunyai sejumlah fitur atau bentang alam terbesar, misalnya gunung berapi terbesar yang disebut Alba Mons. Foto/autoevolution
PLANET Mars mempunyai sejumlah fitur atau bentang alam terbesar, bahkan beberapa di antaranya merupakan yang terbesar dalam tata surya. Misalnya gunung berapi terbesar yang disebut Alba Mons yang memiliki ketinggian sekitar 6,8 kilometer (KM).

Masih ada Valles Marineris, ngarai terpanjang dan terdalam, kemudian ada Hellas Planitia, kawah seukuran Eropa Barat akibat tumbukan. Ada juga Gunung Berapi Olympus Mons yang tingginya diperkirakan tiga kali Gunung Berapi Alba Mons.

Gunung berapi Alba Mons dianggap sebagai gunung berapi terbesar di Mars dalam hal luas permukaan. Bahkan gunung berapi yang juga disebut sebagai Alba Patera, itu bahkan lebih besar daripada Olympus Mons. (Baca juga; Gawat Gunung Berapi Misterius Ini Bisa Meletus, Ditemukan Aliran Lava Deras )

Penampakan gunung berapi Alba Mons ini terekam kamera HiRISE dari Reconnaissance Orbiter yang mengelilingi planet Mars. Foto itu diabadikan pada musim semi tahun lalu dari ketinggian 295 km (183 mil).
Mars Punya Gunung Berapi yang Dahsyat, Tingginya Sekitar 6,8 Km

Menurut keterangan NASA, struktur gunung berapi Alba Mons tidak sama dengan gunung berapi di Bumi. Ini menjadikannya subjek yang sempurna untuk dipelajari dan perlu pengamatan yang panjangan. (Baca juga; Tanda-tanda Alam ketika Gunung Berapi Akan Meletus )

“Apa yang terlihat dalam gambar utama ini bukanlah seluruh bagian gunung berapi. Sebagian gunung terlihat seperti pembuluh darah di bawah mikroskop. Sepertinya itu saluran yang tampaknya dimulai dari tepi aliran lava," menurut ilmuwan dari NASA dan University of Arizona dikutip SINDOnews dari laman autoevolution, Selasa (14/12/2021).