Budaya Romawi Ini Jika Dihilangkan Akan Picu Gejolak di Indonesia

Kamis, 16 Desember 2021 - 11:01 WIB
loading...
Budaya Romawi Ini Jika Dihilangkan Akan Picu Gejolak di Indonesia
Salah satu budaya Romawi yang jika hilang akan timbulkan gejolak di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Kebudayaan Romawi yang sangat melekat di Indonesia hingga saat ini yakni hari Minggu. Hari Minggu di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur ternyata punya sejarah panjang, hari yang sangat di tunggu kaum pekerja dan pelajar karena mereka libur.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, hampir di beberapa Negara tenyata juga menjadikan hari Minggu ini sebagai hari libur. Dan dapat dipastikan jika budaya ini hilang dipastikan akan menjadi gejolak.



Dengan merangkum dari berbagai sumber. SINDOnews akan berbagai sedikit sejarah tentang asal-usul hari minggu jadi hari libur.

Tiap bangsa dan negara, tentu mempunyai tradisi yang berbeda-beda, termasuk yang berkaitan dengan hari libur ini. Bangsa arab misalnya, mereka menggunakan hari Jum’at sebagai hari liburnya, karena mereka menganggap hari Jum’at adalah hari yang spesial dan sangat baik bila digunakan untuk beribadah.

Lalu kenapa di Indonesia hari libur jatuh pada hari minggu?. Hal ini mengacu pada bangsa Portugis yang dulu pernah datang ke Indonesia ternyata meninggalkan sejarah kata di Tanah Nusantara ini. Dalam bahasa Portugis, Minggu yang dimaksud adalah serapan dari kata Domingo dengan makna “Hari Tuhan”.

Konon, hari ini menggambarkan hari kelahiran Yesus pada kepercayaan Kristen. Kata Domingo sendiri dieja sebagai Minggu di daerah Melayu, termasuk Indonesia, mulai abad ke-19 hingga 20. Berdasarkan penelusuran dokumen-dokumen lama, sejak tahun 1940-an hari Minggu telah menjadi nama hari resmi di Indonesia. Penulisan lengkap nama-nama hari ini adalah Minggoe, Senen, Selasa, Rebo, Kemis, Djoem’at, dan Sabtoe.

Dan berkenaan hari Minggu dijadikan sebagai hari libur, ini berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia.

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah.

Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi. Salah satunya, Belanda.

Dan masuknya Belanda ke Nusantara sekitar tahun 1600-an sampai akhrinya digantikan olah Jepang pada tahun 1942 , budaya ini pun kemudian tetap digunakan selama ratusan tahun Belanda berkuasa di Nusantara.

Maka secara tak langsung, segala macam bahasa, tradisi dan budaya yang dibawa Belanda saat berkuasa di Nusantara sampai lahirnya Indonesia pada tahun 1945, mau tidak mau pasti diadaptasi oleh masyarakat kita.

Termasuk dalam penetapan hari Minggu sebagai hari libur yang sampai saat ini warisan tradisi Belanda ini masih dipertahankan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)