Negara Ini Paling Kekurangan Air di Dunia

Selasa, 21 Desember 2021 - 11:55 WIB
loading...
Negara Ini Paling Kekurangan Air di Dunia
Rupanya ada beberapa negara di dunia yang tengah dalam kondisi krisis atau bahkan kelangkaan air. Foto/PXhere
A A A
JAKARTA - Air adalah sumber kehidupan dan kebutuhan pokok bagi tiap individu sehingga negara harus bisa memanajemen sumber kehidupan ini untuk rakyatnya. Namun karena kondisi geografis dan cuaca di setiap negara berbeda membuat ketersediaan air menjadi sedikit sulit.

Rupanya ada beberapa negara di dunia yang tengah dalam kondisi krisis atau bahkan kelangkaan air. Bahkan ada negara yang sudah mengalami krisis air selama bertahun-tahun. Berikut daftar negara yang mengalami krisis air :

1. Qatar

Mengutip data World Resource Institute’s Aqueduct Water Risk Atlas yang dipublikasikan oleh situs berita Bloomberg, Qatar menduduki peringkat pertama negara yang memiliki risiko kekurangan air tertinggi, dengan skor 4,97.

BACA: Dilanda Kekeringan, Yordania Akan Membangun Pabrik Desalinasi Laut Merah

Qatar sangat kekurangan pasokan air tawar, salah satunya karena curah hujan yang minim setiap tahunnya. Ditambah, negara ini juga memiliki danau dan sungai yang sangat sedikit.

2. Israel

Dengan skor 4,82, negara ini juga memiliki risiko kekurangan air bersih yang sangat tinggi. Mengutip laman resmi Departemen Luar Negeri Israel, negara ini sudah mengalami krisis air selama bertahun-tahun.

Kondisi ini dirasa semakin parah dalam 4 tahun terakhir, apalagi menjelang musim panas. Pemerintah khawatir tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakatnya.

Pemerintah Israel menyebut, penyebab kelangkaan air di negara itu disebabkan oleh manusia. Peningkatan kebutuhan air meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk dan standar hidup yang juga melesat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2691 seconds (11.97#12.26)