Mitos Lumba-lumba Pink di Sungai Amazon Berubah Jadi Pria Tampan, Ini Faktanya!

Rabu, 22 Desember 2021 - 13:27 WIB
loading...
A A A
4. Punya Tulang Unik

Lumba-lumba pink sangat lincah, karena tulang belakang di lehernya tidak menyatu, tidak seperti lumba-lumba lainnya. Kemampuan untuk memutar kepala mereka ke sudut 90 derajat memungkinkan mereka untuk bermanuver di sekitar batang pohon, batu, dan rintangan lainnya.

Mereka juga bisa berenang ke depan dengan satu sirip sambil mengayuh ke belakang dengan yang lain, membiarkan mereka berputar dengan lebih presisi. Mereka sering terlihat berenang terbalik, mungkin untuk membantu mereka melihat dasar sungai dengan lebih baik.



Meskipun matanya kecil, mereka memiliki penglihatan yang baik di atas dan di bawah air dan tidak kesulitan menavigasi perairan berlumpur Amazon untuk menangkap mangsanya berkat indra ekolokasi yang sangat baik.

5. Makhluk Mitos

Lumba-lumba pink sungai Amazon adalah subjek dari banyak cerita rakyat Amerika Selatan, tidak semuanya baik hati. Salah satu legenda menyebutkan bahwa lumba-lumba berubah menjadi pria tampan yang dikenal sebagai "boto encantado" untuk merayu dan menghamili kaum wanita di malam hari.

Klaim lain bahwa jika Anda pergi berenang sendirian, lumba-lumba mungkin membawa Anda pergi ke kota bawah laut yang ajaib, yang menyebabkan ketakutan penduduk setempat untuk mendekati air antara senja dan fajar, atau memasuki perairan sendirian.

Menyakiti lumba-lumba atau menangkapnya dianggap masyarakat sekitar akan mendatangkan kesialan. Mitos ini telah membantu melindungi spesies tersebut dari kepunahan.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)