Ini Monster Laut Zaman Dinosaurus, Panjang 17 Meter Hidup 247 Juta Tahun Lalu

Sabtu, 25 Desember 2021 - 06:31 WIB
loading...
Ini Monster Laut Zaman Dinosaurus, Panjang 17 Meter Hidup 247 Juta Tahun Lalu
Monster laut zaman dinosaurus atau Ichthyosaurus ini dikenal dengan nama Cymbospondylus youngorum. Reptil laut raksasa ini hidup 247 juta tahun lalu dan berukuran 17 meter. Foto/livescience
A A A
NEVADA - MONSTER laut zaman dinosaurus atau Ichthyosaurus ini dikenal dengan nama Cymbospondylus youngorum. Reptil laut raksasa ini hidup 247 juta tahun lalu dan ukuran tubuhnya bisa mencapai 17 meter (55 kaki).

Penemuan ini menunjukkan bahwa Ichthyosaurus, reptil laut berbentuk ikan yang menghuni lautan era dinosaurus, tumbuh menjadi ukuran yang sangat besar dalam rentang waktu hanya 2,5 juta tahun. Sedangkan, Paus membutuhkan berevolusi 55 juta tahun untuk mencapai ukuran besar seperti saat ini.

"Kami telah menemukan bahwa Ichthyosaurus berevolusi menjadi gigantisme jauh lebih cepat daripada Paus. Ini menunjukkan jika kondisi lingkungan tepat, evolusi dapat terjadi dengan sangat cepat,” kata Lars Schmitz, seorang profesor biologi di Scripps College, Claremont, California, Amerika Serikat, dikutip SINDOnews dari laman livescience, Sabtu (25/12/2021). (Baca juga; Hungaria Aktifkan Monster Pemadam Kebakaran, Dibuat dari Tank T-55 dan Mesin Jet MiG-21 )

Para peneliti pertama kali melihat fosil Ichthyosaurus purba pada tahun 1998, tertanam di bebatuan Pegunungan Augusta di barat laut Nevada, AS. Baru pada tahun 2015, ditemukan fosil utuh yang lebih besar seukuran helikopter, terdiri dari tengkorak, bahu, dan bagian mirip sirip.
Ini Monster Laut Zaman Dinosaurus, Panjang 17 Meter Hidup 247 Juta Tahun Lalu

Tim peneliti menamai spesies baru ini Cymbospondylus youngorum, dan melaporkan secara online Kamis 23 Desember 2021 di jurnal Science. Reptil laut rahang besar ini hidup 247 juta tahun yang lalu selama periode Trias. (Baca juga; 5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia )

"Bayangkan hewan seperti naga laut, tubuh ramping, cukup panjang, dengan anggota badan yang dimodifikasi menjadi sirip, dan ekor panjang," kata Schmitz. Dengan tengkorak hampir 2 meter, Cymbospondylus youngorum dewasa berukuran lebih dari 17 meter.
Ini Monster Laut Zaman Dinosaurus, Panjang 17 Meter Hidup 247 Juta Tahun Lalu

Ketika Cymbospondylus youngorum masih hidup beratnya diperkirakan 45 ton dan tinggal di Samudra Panthalassic, yang disebut superocean, di lepas pantai barat Amerika Utara. Berdasarkan ukuran dan bentuk giginya, Cymbopondylus youngorum kemungkinan memakan Ichthyosaurus yang lebih kecil, ikan dan cumi-cumi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)