5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Sabtu, 27 November 2021 - 13:41 WIB
loading...
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia
Sejumlah makhluk laut berukuran besar bak monster, kadang berbahaya, masih ada di dalam lautan. Foto/journiest
A A A
LAUTAN yang luas belum semuanya tereksplorasi dan masih banyak menyimpan rahasia di dalamnya. Bahkan dibandingkan eksplorasi ke luar angkasa, lautan masih begitu misterius.

Sejumlah makhluk laut berukuran besar bak monster, kadang berbahaya, masih ada di dalam lautan. Di luar ikan hiu , inilah monster laut paling menakutkan dan masih eksis di lautan, dikutip SINDOnews dari laman journiest;

1. Ubur-Ubur Surai Singa
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Ubur-Ubur Surai Singa berukuran besar bisa mencapai panjang 120 kaki. Ditemukan di daerah yang lebih dingin di Pasifik, Atlantik, dan Laut Utara. Tubuhnya mengandung 94 persen air. Ubur-ubur Surai Singa menggunakan tentakelnya yang menyengat untuk menangkap mangsanya. Ubur-ubur Surai Singai memakan berbagai makhluk laut, termasuk jenisnya sendiri. (Baca juga; Dampak Pemanasan Global, Ribuan Ubur-Ubur Mati )

2. Hiu Paus
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Hiu Paus dapat tumbuh hingga 61 kaki dan memiliki umur panjang antara 80 hingga 130 tahun. Hiu Paus yang hidup terutama di dekat khatulistiwa, hanya memakan makhluk terkecil di lautan. Jadi manusia tidak perlu takut jika bertemu di lautan lepas. (Baja juga; Punya Nafsu Makan Besar, Ternyata Paus Berperan Penting Sebagai Sumber Nutrisi di Laut )

Dia dijuluki monster laut selain ukuran tubuhnya yang besar, cara memakan mangsanya yang ganas. Hiu Paus cukup membuka mulutnya lebar-lebar, maka apa pun yang ada di depannya bakal masuk ke perutnya. Kekuatan mulutnya menghisap air seperti angin topan, jadi sulit bagi ikan kecil lolos. Hiu Paus punya gigi yang tajam, namun bukan untuk memakan mangsanya.

3. Cumi-Cumi Raksasa
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Sesuai dengan namanya, Cumi-Cumi Raksasa ukurannya bisa mencapai 43 kaki untuk yang jantan dan 33 kaki untuk betina. Cumi-Cumi Raksasa merupakan salah satu organisme hidup terbesar di bumi dan memiliki sistem saraf canggih dan otak yang kompleks. Selain itu, memiliki mata terbesar dari semua makhluk hidup, berdiameter hingga 27 cm.

Akibatnya, Cumi-Cumi Raksasa sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga mereka lebih nyaman hidup di lautan dalam yang gelap. Untuk mencari makan, cumi-cumi menangkap mangsanya dengan tentakel yang besar dan menyedotnya melalui cincin pengisap. Kemudian mangsanya dicabik-cabik dengan lidah yang memiliki susunan gigi. (Baca juga; Space X Bawa 5 Ribu Cumi-Cumi ke Stasiun Luar Angkasa )

4. Gurita Raksasa
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Gurita Raksasa banyak ditemukan di pasifik memiliki berat hingga 600 pon dan ukuran hingga 30 kaki. Mereka memiliki kepala besar yang biasanya berwarna coklat kemerahan serta memiliki sel pigmen warna khusus di kulit untuk membantu mengubah warna dan tekstur. Kemampuan ini membuat mereka dapat berbaur dengan lanskap laut yang paling rumit.

Mereka pemburu nokturnal dan terutama memakan udang, lobster, kerang, dan ikan, tetapi yang lebih menakutkan adalah mereka terkadang memakan hiu dan burung. Mereka memiliki paruh tajam yang menusuk daging makhluk dan mencabik-cabiknya. Mereka juga dikenal sebagai satwa yang pintar. (Baca juga; Resep Takoyaki, Makin Nikmat dengan Isian Gurita )

5. Hiu Putih Besar
5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia

Tidak ada monster laut yang berbahaya dibandingkan Hiu Putih Besar dan banyak di temukan di semua bagian lautan. Bobot Hiu Putih Besar betina bisa mencapai berat hingga 5.000 pon dan jantan 4.000 pon. Hiu Putih Besar dapat berenang hingga 16 mil per jam dan kadang-kadang memangsa manusia.

Meskipun termasuk karnivora, Hiu Putih Besar memiliki pola makan yang sangat spesifik. Mereka memakan ikan lain, tetapi hanya tuna, pari, dan hiu lainnya. Mereka fokus terutama pada mamalia laut. Hiu Putih Besar diketahui menggigit dan menyerang satu sama lain untuk menunjukkan dominasi. (Baca juga; Cara Ikan Hiu Berkembang Biak, Terbagi dalam Tiga Proses Berbeda )
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1565 seconds (11.210#12.26)