5 Foto Spektakuler yang Terekam Teleskop Luar Angkasa, Nomor 4 Jaraknya 5 Miliar Tahun Cahaya

Sabtu, 25 Desember 2021 - 13:59 WIB
Gugus bintang lainnya juga terlihat. Ada kluster Quintuplet di kiri bawah gambar di dalam gelembung tempat angin bintang telah membersihkan gas dan debu lokal. Di kiri atas, ada cluster yang disebut Arches, yang dinamai untuk busur gas bercahaya yang memanjang di atasnya dan keluar dari gambar.

4. Abel 370

Abell 370 adalah sekelompok ratusan galaksi yang berjarak sekitar lima miliar tahun cahaya dari Bumi. Dalam gambar, terlihat busur cahaya yang memanjang. Ini adalah gambar yang diperbesar dan terdistorsi dari galaksi yang jauh lebih jauh. (Baca juga; Spektakuler! Foto Luar Angkasa Letusan Gunung Berapi La Palma )

Massa kluster mendistorsi ruang-waktu dan membelokkan cahaya dari objek yang lebih jauh, memperbesarnya dan dalam beberapa kasus menciptakan banyak gambar dari galaksi jauh yang sama. Fenomena ini disebut pelensaan gravitasi karena ruang-waktu yang melengkung bertindak seperti lensa optik.

Yang paling menonjol dari gambar yang diperbesar ini adalah busur terang paling tebal di atas dan di sebelah kiri tengah gambar. Disebut "Naga", busur ini terdiri dari dua gambar galaksi jauh yang sama di kepala dan ekornya. Gambar tumpang tindih dari beberapa galaksi jauh lainnya terdiri dari busur tubuh naga. Gambar Abell 370 ini ditangkap teleskop Hubble dan dirilis pada tahun 2017.

5. Medan Ultra Dalam Hubble

Hubble Ultra Deep Field atau Medan Ultra Dalam Hubble berisi hampir 10.000 objek, hampir semuanya adalah galaksi yang sangat jauh. Cahaya dari beberapa galaksi ini telah berjalan selama lebih dari 13 miliar tahun sejak alam semesta baru berusia sekitar setengah miliar tahun.

Beberapa dari benda-benda ini termasuk yang tertua dan paling jauh yang diketahui. Di sini terlihat cahaya dari bintang-bintang kuno yang sezamannya telah lama padam. Galaksi tertua terbentuk selama zaman reionisasi, ketika gas lemah di alam semesta pertama kali bermandikan cahaya bintang yang mampu memisahkan elektron dari hidrogen.

Ini adalah perubahan besar terakhir dalam sifat-sifat alam semesta secara keseluruhan. Fakta ini jelas luar biasa, bahwa cahaya membawa begitu banyak informasi, sehingga memungkinkan kita untuk mengumpulkan sejarah tetang alam semesta. (Baca juga; Bikin Merinding, Foto Luar Angkasa Ini Rekam Letusan Mematikan Gunung Semeru )