5 Foto Spektakuler yang Terekam Teleskop Luar Angkasa, Nomor 4 Jaraknya 5 Miliar Tahun Cahaya

Sabtu, 25 Desember 2021 - 13:59 WIB
Gambar ini adalah pusat Galaksi Bima Sakti yang direkam menggunakan cahaya inframerah, dengan menggabungkan data dari dua teleskop NASA, Hubble. Foto/NASA dan Spitzer.
PELUNCURAN Teleskop Luar Angkasa James Webb pada 25 Desember 2021 menjanjikan harapan baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya bagi para astronom. Teleskop James Webb senilai USD10 miliar jauh lebih besar, lebih kompleks, dan lebih kuat daripada Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang telah mempelajari langit dari orbit Bumi selama lebih dari tiga dekade.

Observatorium baru James Webb juga akan bergerak lebih jauh, sampai ke Titik Lagrange Matahari-Bumi 2 (L2), sekitar 930.000 mil atau 1,5 juta kilometer dari Bumi ke arah Mars. Tentu ini menjanjikan banyak informasi dan gambar menarik tentang fenomena luar angkasa.

Namun, sebelumnya sudah ada berbagai fenomena luar angkasa yang terekam teleskop lain yang dikirim ke antariksa. Berikut 5 foto spektakuler yang pernah terekam teleskop luar angkasa dirangkum dari laman thenextweb:

1. Kutub Jupiter

Foto Kutub Jupiter ini direkam oleh misi Juno NASA, saat mengorbit di sekitar Jupiter pada Oktober 2017. Ketika itu pesawat ruang angkasa Juno berjarak 18.906 kilometer dari puncak awan Jupiter. Foto ini menangkap sistem awan di belahan bumi utara planet Jupiter dan mewakili gambaran tentang kutub Jupiter (kutub utara). (Baca juga; Penampakan Planet Besar Ini Bikin Takjub Astronom, 10 Kali Ukuran Jupiter )

Gambar ini didasarkan pada pengungkapan pola aliran yang kompleks, mirip dengan siklon di atmosfer Bumi, dan efek mencolok akibat variasi awan pada ketinggian yang berbeda. Terkadang menimbulkan bayangan pada lapisan awan di bawahnya. Bagian-bagian planet di dekat kutub utaranya terlihat sangat berbeda dari bagian-bagian yang sebelumnya kita lihat lebih dekat ke khatulistiwa.

2. Nebula Elang

Gambar ini terekam oleh Observatorium Luar Angkasa Herschel milik Badan Antariksa Eropa tentang pembentukan bintang di Nebula Elang, juga dikenal sebagai M16. Saat ini observatorium Luar Angkasa Herschel adalah yang terbesar. (Baca juga; Teleskop Gemini Selatan Menangkap Gambar Nebula Kupu-Kupu Bersayap Satu di Galaksi )

Nebula adalah awan gas di luar angkasa. Nebula Elang berjarak 6.500 tahun cahaya dari Bumi, yang cukup dekat dengan standar astronomi. Nebula ini adalah situs pembentukan bintang yang kuat. Tampilan close-up dari fitur di dekat bagian tengah gambar ini disebut "Pilar Penciptaan".

Tampak seperti ibu jari dan telunjuk yang mengarah ke atas dan sedikit ke kiri, pilar-pilar ini menonjol ke dalam rongga di awan raksasa gas molekuler dan debu. Rongga sedang tersapu oleh angin yang berasal dari bintang-bintang baru yang energik yang baru-baru ini terbentuk lebih dalam di dalam awan.

3. Pusat Galaksi

Gambar ini terlihat lebih dalam ke luar angkasa ke pusat Galaksi Bima Sakti kita. Gambar ini direkam menggunakan cahaya inframerah, dengan menggabungkan data dari dua teleskop NASA, Hubble dan Spitzer. (Baca juga; Bikin Merinding, Begini Penampakan Wajah Matahari yang Membara )

Wilayah putih terang di kanan bawah gambar adalah pusat galaksi kita. Ini berisi lubang hitam besar yang disebut Sagitarius A*. Sekelompok bintang dan sisa-sisa bintang besar yang meledak sebagai supernova sekitar 10.000 tahun yang lalu.