Hasil Pemindai Digital Mumi Firaun Amenhotep I, Raja Mesir Ini Ternyata Disunat

Selasa, 28 Desember 2021 - 14:05 WIB
loading...
Hasil Pemindai Digital Mumi Firaun Amenhotep I, Raja Mesir Ini Ternyata Disunat
Mumi Firaun Amenhotep I yang diawetkan sekitar 3.500 tahun lalu ternyata banyak menyimpan rahasia yang mengejutkan sekaligus mengagumkan. Foto/theguardian
A A A
KAIRO - Mumi Firaun Amenhotep I yang diawetkan sekitar 3.500 tahun lalu ternyata banyak menyimpan rahasia yang mengejutkan sekaligus mengagumkan. Dari hasil pemindaian digital menggunakan teknologi computed tomography (CT) 3D, para ilmuwan mendapatkan fakta menarik dari Raja Mesir yang berkuasa selama 21 tahun ini pada tahun sekitar 1525 dan 1504 SM.

Pemindaian secara digital dilakukan para ilmuwan radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Kairo dan diterbitkan pada jurnal Frontiers in Medicine, Selasa 28 Desember 2021. Hasil pemindaian sangat mengejutkan sekaligus mengagumkan karena memberikan perincian tentang penampilan dan kemewahan perhiasan yang digunakan saat penguburan Amenhotep I.

Dr Sahar Saleem, profesor radiologi Fakultas Kedokteran di Universitas Kairo, mengatakan ini adalah yang pertama kali mengungkap rahasia Firaun tanpa membuka pembungkus mumi. Pemindaian secara digital ini mendapatkan data yang detail dari sosok Firaun Amenhotep I dan berbagai perhiasan yang dikubur bersamanya.

“Amenhotep I berusia sekitar 35 tahun ketika meninggal. Tinggi badannya sekitar 169 cm (5 kaki 6 inci), memiliki gigi yang bagus, dan disunat,” kata Dr Sahar Salem dikutip SINDOnews dari laman theguardian, Selasa (28/12/2021).

Dia mengatakan fakta bahwa Amenhotep I memiliki gigi yang sangat bagus adalah bukti betapa menakjubkannya proses mumifikasi yang dilakukan. Bukan hanya gigi yang tetap awet, bahkan tulang-tulang kecil di dalam telinga pun terpelihara.

“Tubuh mumi terawetkan dengan baik. Tidak diragukan lagi, gigi Amenhotep Iterpelihara dengan baik. Banyak mumi kerajaan memiliki gigi yang buruk, tetapi Amenhotep I memiliki gigi yang bagus,” katanya. (Baca juga; Cara Mengawetkan Mumi Firaun dan Jenis Balsem yang Digunakan )

Tim peneliti telah menemukan otak Amenhotep I masih utuh, tidak seperti raja-raja Mesir lain termasuk Tutankhamun dan Ramses II. “Jeroannya telah dikeluarkan dari mumi, tetapi bukan otak atau jantungnya,” tambah Dr Sahar Saleem.
Hasil Pemindai Digital Mumi Firaun Amenhotep I, Raja Mesir Ini Ternyata Disunat

Dr Sahar Saleem dari Universitas Kairo memindai mumi. Foto/University of Cairo

Dalam pembungkus mumi tubuh Amenhotep I mengenakan 30 jimat dan korset emas unik dengan manik-manik emas. Para peneliti berharap dapat menemukan bukti bagaimana Amenhotep I meninggal untuk penelitian lebih lanjut. “Kami tidak menemukan luka atau cacat apa pun karena penyakit penyebab kematiannya,” ujar Dr Sahar Saleem.

Dari hasil pemindaian ini para ilmuwan mendapatkan deskripsi detail sosok Amenhotep I. Dr Sahar Saleem mengatakan, Amenhotep I memiliki dagu yang sempit, hidung kecil, dan rambut keriting. Secara fisik mirip dengan ayahnya, Ahmose I.

“Amenhotep, saya tampaknya secara fisik mirip dengan ayahnya. Dia memiliki dagu yang sempit, hidung kecil yang sempit, rambut keriting, dan gigi atas yang agak menonjol,” tutur Dr Sahar Saleem. (Baca juga; 99 Tahun Penemuan Makam Raja Tutankhamun dan Kisah Misteri Kutukannya )

Amenhotep I adalah raja kedua dari dinasti ke-18 dan naik takhta setelah kematian ayahnya, Ahmose I. Nama Amenhotep berarti "Pemimpin yang Menyenangkan ". Nama takhtanya adalah Djeserkare – “Roh Suci Dewa Ra”.

Dia memerintah secara damai dan berkonsentrasi pada organisasi administratif serta pembangunan kuil. Dia mungkin memerintah bersama dengan ibunya, Ahmose-Nefertari. (Baca juga; Kutukan Raja Tutankhamun, Berkembang di Antara Mitos dan Persaingan Terselubung )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)