Peneliti Temukan Bukti Dulunya Turki Pernah Disapu Tsunami

Rabu, 29 Desember 2021 - 05:39 WIB
Para peneliti telah menggali di situs arkeologi Esme-Bağlararas, yang terletak di kota resor populer Esme di pantai Aegean Turki dan lebih dari 100 mil utara-timur laut Santorini.

Para arkeolog telah menggali di daerah itu sejak 2009 di sebuah situs yang tampaknya merupakan pemukiman pesisir yang berkembang pesat yang menempati hampir terus menerus dari pertengahan milenium ketiga hingga abad ke-13 SM.

Selain beberapa bangunan dan jalan yang terpelihara dengan baik yang sebelumnya terbongkar, para peneliti menemukan banyak artefak yang sudah rusak.

Sebelumnya, para arkeolog mengalami kesulitan menemukan tanda-tanda tsunami di masa lalu karena peristiwa bencana biasanya bersifat erosif, yang berarti kerusakannya bisa memudar ke laut.

Selain itu, bukti seperti bangunan yang runtuh dan kebakaran juga mungkin disebabkan oleh gempa bumi, banjir, atau badai, yang dapat membuat para peneliti tidak mengetahuinya.

Berbicara kepada National Geographic, Floyd McCoy, seorang profesor geologi dan oseanografi menyebut penelitian tersebut sebagai ā€œkontribusi nyata tidak hanya untuk penelitian tentang endapan tsunami tetapi juga makna dan interpretasinya terutama yang terkait dengan letusan Thera di zaman perunggu.