Langka dan Unik, Anak Jaguarundi Albino Ditemukan di Kolombia

Jum'at, 31 Desember 2021 - 15:48 WIB
loading...
Langka dan Unik, Anak Jaguarundi Albino Ditemukan di Kolombia
Seekor anak Jaguarundi albino ditemukan di Lembah Aburra dekat Medellin, Kolombia. Ini merupakan spesies Kucing Hutan langka yang pertama ditemukan di Kolombia. Foto/dailymail
A A A
MEDELLIN - Seekor anak Jaguarundi albino ditemukan di Lembah Aburra dekat Medellin, Kolombia . Ini merupakan spesies kucing hutan langka yang pertama ditemukan di Kolombia.

Anak Jaguarundi yang berjenis kelamin betina ini seluruh tubuhnya berbulu putih dan mata merah. Kelainan albino yang dialami anak Jaguarundi ini membuatnya jadi rentan dimangsa predator.

Biasanya hewan tersebut berwarna merah-coklat atau abu-abu.Petugas satwa liar membawa anak Jaguarundi albino ke taman konservasi untuk melindungi dan merawatnya. (Baca juga; 800 Ekor Jaguar Padati Meksiko dalam 8 Tahun, Bukti Serius Konservasi Satwa Langka )

Albino merupakan kelainan akibat ketidakmampuan menghasilkan pigmen yang mewarnai kulit pada mata dan rambutnya. Kurangnya melanin membuat anak Jaguarundi ini sulit untuk menyembunyikan diri di alam bebas. (Baca juga; Fotografer Satwa Liar Temukan Penguin Albino yang Sangat Langka )

Dokter Hewan Kota Amalfi Yuliany Duque mengatakan, Jaguarundi adalah jenis puma asli Amerika Utara dan Selatan, tetapi jarang terlihat di utara Meksiko. “Mereka adalah hewan soliter yang hanya bertemu sesama jaguarundi saat kawin,” katanya dikutip SINDOnews dari laman dailymail, Jumat (31/12/2021).

Meskipun ukuran tubuhnya sangat kecil, Jaguarundi betina dapat tumbuh dengan panjang hingga empat setengah kaki. Hewan ini memiliki tubuh ramping, panjang, telinga kecil, kaki pendek, dan ekor panjang. (Baca juga; Rekor Terburuk, 126 Ekor Harimau di India Mati Sepanjang 2021 )

Ada dua varietas warna Jaguarundi: coklat kemerahan, yang dikenal sebagai Eyra dan abu-abu. Anak kucing dari kedua varietas dapat muncul dalam satu induk. Proses perkembangbiakan terjadi pada akhir tahun, setelah masa kehamilan 63 hari bisa lahir dua atau tiga ekor anak Jaguarundi.

Seekor hewan dapat benar-benar albino (albino murni) atau memiliki leucism, diturunkan dari gen resesif kedua induknya. Hewan albino murni akan memiliki mata merah muda, kuku, kulit dan sisik. Warna merah muda berasal dari pembuluh darah yang terlihat melalui kulit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)