Roket Simorgh Gagal Mengorbit, Bikin Pengamat Bingung Menerka Tujuan Misi Peluncuran Iran

Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:11 WIB
loading...
Roket Simorgh Gagal Mengorbit, Bikin Pengamat Bingung Menerka Tujuan Misi Peluncuran Iran
Roket Simorgh Iran yang membawa tiga muatan tampaknya telah mengalami kegagalan karena tidak ada objek yang terdeteksi di orbit. Foto/Iranian Ministry of Defense/nasaspaceflight
A A A
ROKET Simorgh milik pemerintah Iran yang membawa tiga muatan tampaknya telah mengalami kegagalan karena tidak ada objek yang terdeteksi di orbit. Dilaporkan Media Iran, Roket Simorgh diluncurkan dari Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini, Provinsi Semnan, Iran, pada Kamis 30 Desember 2021 pukul 07.00 waktu setempat.

Media Iran mengklaim bahwa Roket Simorgh sukses melakukan peluncuran dan mencapai ketinggian 470 kilometer dan kecepatan 7,35 kilometer per detik (7.350 meter per detik). Namun, dari data ini, menurut laman nasaspaceflight yang dipublish 30 Desember 2021, menimbulkan pertanyaan.

Apakah ini adalah penerbangan uji suborbital yang berhasil atau peluncuran yang tidak mencapai orbit, sebab posisi yang ditetapkan kurang sedikit untuk mencapai orbit. Menurut Jonathan McDowell seorang astronom di Pusat Astrofisika, keterangan kecepatan 7,35 km per detik (7.350 meter per detik) tidak disebut secara rinci.

Apakah itu kecepatan inersia atau kecepatan relatif Bumi. Kecepatan inersia adalah kecepatan sebuah benda untuk mempertahankan posisinya dari gerak rotasi. (Baca juga; Iran Luncurkan Satelit Simorgh, Berisi 3 Kargo Instrumen Penelitian )

“Jika kecepatan inersia yang sesuai dengan orbit -450 x 470 km, yaitu hampir mencapai orbit. Namun, jika itu kecepatan relatif Bumi, 7350 m/s akan sesuai dengan keberhasilan (untuk) mencapai orbit 470 x 520 km,” katanya melalui akun twitter @planet4589.

Roket Simorgh dilaporkan membawa tiga muatan, namun belum ada penjelasan jenis muatan suborbital apa yang dibawanya. Jika betul tiga muatan Roket Simorgh memang satelit, sesuai laporan media Iran pada awal Desember, sejumlah satelit yang siap diluncurkan, adalah satelit Pars 1, Nahid 1 dan 2, serta Zafar 2.
Roket Simorgh Gagal Mengorbit, Bikin Pengamat Bingung Menerka Tujuan Misi Peluncuran Iran


Namun, ketika roket ini bersuara seperti seri Kavoshgar, menunjukkan keandalannya jauh lebih besar daripada Simorgh. Ini menunjukkan bahwa tujuan utama peluncuran adalah untuk penyebaran ketiga muatan tersebut ke orbit. (Baca juga; Roket Angara A-5 Rusia Alami Kegagalan Mesin di Orbit Bumi )

Meski demikian, tujuan untuk uji terbang suborbital tidak dapat dikesampingkan, karena cukup masuk akal bagi Iran untuk mengumpulkan lebih banyak data diagnostik pada roket yang telah dibangun selama beberapa tahun terakhir. Dengan menghentikan peluncuran di dekat orbit, Iran akan menghemat sedikit sumber daya jika dibandingkan menyelesaikan peluncuran orbital.

Diketahui, Roket Falcon 1 SpaceX dan Rocket 3 Astra, keduanya juga pernah mengalami kegagalan serupa pada peluncuran uji coba yang nyaris mencapai orbit. Namun, tetap dianggap berhasil sebagai batu loncatan bagi perusahaan-perusahaan untuk mencapai peluncuran sepenuhnya selanjutnya.

Jadi, Roket Simorgh mungkin mencoba mencapai orbit dan gagal. Terlepas apakah misi utamanya untuk menyebarkan tiga muatan di orbit atau hanya penerbangan uji coba dengan membawa tiga muatan. Ini mungkin bukan kegagalan total bagi Iran, karena misi tersebut kemungkinan untuk mendapatkan data berharga yang akan membantu menyempurnakan kendaraan untuk penerbangan di masa depan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)