Tren Perkembangan Wisata Luar Angkasa Saat Ini

Senin, 03 Januari 2022 - 16:23 WIB
loading...
A A A


Dua perusahaan yakni Virgin Galactic dan SpaceX, bersaing untuk memberangkatkan penumpangnya terlebih dahulu, dalam waktu setahun setelah melakukan pendaftaran. Untuk biaya, SpaceX dikenal lebih mahal hingga 200 kali lipat dibanding harga wisata luar angkasa yang dipatok perusahaan lainnya.

Orbital dan suborbital menjadi 2 jenis wisata luar angkasa yang ditawarkan oleh banyak perusahaan luar angkasa. Suborbital adalah penerbangan dengan waktu singkat menuju batas bumi. Kemudian, kembali turun dan menyelesaikan perjalanan.

Penerbangan luar angkasa suborbital tidak menyelesaikan satu orbit atau putaran penuh mengelilingi bumi. Ketinggian yang diperlukan untuk melakukan penerbangan suborbital adalah 100 kilometer.

Sementara itu, penerbangan luar angkasa orbital akan menempatkan wahana antariksa pada lintasan, setidaknya 1 orbit. Penerbangan ini memerlukan ketinggian lebih dari 400 kilometer dan menghabiskan waktu beberapa hari, bahkan hingga seminggu dalam perjalanannya. Jenis penerbangan ini sangat terbatas dan biasanya menggunakan pesawat luar angkasa Russian Soyuz sebagai kendaraannya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)