Bikin Takjub, Ilmuwan Latih Ikan Mas Kendalikan Kendaraan Robotik

Selasa, 04 Januari 2022 - 18:00 WIB
loading...
Bikin Takjub, Ilmuwan Latih Ikan Mas Kendalikan Kendaraan Robotik
Penelitian unik yang dilakukan ilmuwan Ben Gurion University ingin menunjukkan kemampuan navigasi ikan mas yang tidak terbatas di dalam air saja. Foto/IST
A A A
ISRAEL - Bikin takjub, ilmuwan dari Ben-Gurion University berhasil melatih ikan mas mengendalikan kendaraan robotik menyesuaikan target yang diinginkan. Dilaporkan The Drive, tiga peneliti dari universitas yang ada di Bersyeba, Israel yakni Shachar Givon, Matan Samina dan Ohad Ben Shahar itu menunjukkan kemampuan unik 6 ekor ikan mas dengan dibantu oleh kamera, radar dan juga LIDAR .

Dalam penelitian itu ikan mas ditempatkan di tangki air transparan kecil yang ditempatkan di atas kendaraan robotik. Selain itu mereka juga memasang kamera yang dipasang di atas tangki guna melacak posisi dan orientasi ikan. Ikan

Keenam ikan itu kemudian dibebaskan untuk berenang menyesuaikan dengan target merah muda yang ada dinding. Setelah melihat target itu ikan akan bergerak menuju target. Ikan-ikan yang bergerak mendekati target nantinya akan mendapatkan makanan.





Awalnya, enam ikan dalam penelitian itu sebagian besar berenang secara acak. Namun, tes yang dilakukan secara teratur tiga kali seminggu, membuat keenam ikan dengan cepat mulai mengetahui bahwa jika mereka berkendara ke area target, mereka akan menerima makanan.

Seiring waktu, ikan menjadi lebih mampu, dan dapat memicu mekanisme hadiah lebih banyak dalam satu sesi tes 30 menit yang diberikan. Sebagai pengujian lebih lanjut, target berwarna merah muda dipindahkan ke lokasi yang berbeda di dalam ruangan dan ikan diuji kembali.




Bikin Takjub, Ilmuwan Latih Ikan Mas Kendalikan Kendaraan Robotik


Awalnya, ikan melaju menuju lokasi target lama dalam upaya untuk menerima hadiah. Ketika tidak ada yang datang, ikan akhirnya mengetahui bahwa target merah muda itu sendiri adalah kunci dari tugas itu, dan mulai mengubah arah berenang.

Disebutkan The Drive, penelitian yang dilakukan kepada enam ikan mas itu berupaya menemukan korelasi bagaimana ikan belajar memahami lingkungan terestrial mereka. Studi itu menunjukkan bahwa kemampuan navigasi ikan mas tidak hanya terbatas pada lingkungan bawah laut yang biasa mereka gunakan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)