Apakah Buaya Amfibi atau Reptil? Begini Cara Membedakannya

Rabu, 19 Januari 2022 - 08:15 WIB
loading...
Apakah Buaya Amfibi atau Reptil? Begini Cara Membedakannya
Walaupun sedikit membingungkan membedakan identitas buaya, apakah termasuk reptil atau amfibi. Buaya adalah reptil, bukan amfibi. Foto/liveknowledgeworld
A A A
BUAYA adalah reptil, bukan amfibi. Memang, sedikit membingungkan untuk membedakan identitas buaya, apakah termasuk reptil atau amfibi. Sebab, kelas reptil dan amfibi berkerabat dekat.

Bahkan ada sejumlah reptil yang berevolusi dari amfibi. Itu alasan mengapa kelas reptil dan amfibi memiliki banyak kesamaan ciri fisik. Apalagi pada dasarnya, reptil dan amfibi termasuk dalam filum yang sama, vertebrata; hewan yang memiliki tulang punggung dan empat anggota badan.

Buaya mirip kelas amfibi karena bisa hidup di dua alam (air dan daratan), bertelur, dan berdarah dingin. Bedanya buaya membuahi telur secara internal, sedangkan amfibi membuahi telur secara eksternal.

Padahal buaya adalah reptil tulen karena ciri fisiknya berbeda dengan amfibi. Buaya memiliki sisik pada kulitnya, berbeda dengan amfibi yang memiliki kulit berlendir dan basah. (Baca juga; Jawaban Kenapa Buaya Tidak Punah bersama Dinosaurus Terungkap )

Buaya termasuk reptil karena bernapas menggunakan sepasang paru-paru, tidak seperti amfibi. Amfibi dewasa selain menggunakan paru-paru, juga menghirup oksigen melalui kulitnya yang basah.

Amfibi dan reptil bersama-sama disebut herpetofauna atau biasa dikenal dengan "herps". Semua herps adalah "berdarah dingin", yang berarti tidak memiliki termostat internal. (Baca juga; 70 Persen Buaya Betina Terbukti Setia, Buaya Jantan? )

Untuk mengatur suhu tubuhnya, herps berinteraksi dengan lingkungan. Misalnya, kura-kura menghangatkan diri dengan berjemur di bawah sinar matahari. Begitu juga dengan buaya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1402 seconds (10.101#12.26)