Buru Makam Cleoptara, Arkeolog Temukan 20 Mumi di Situs Aswan Mesir

Rabu, 19 Januari 2022 - 11:10 WIB
loading...
Buru Makam Cleoptara, Arkeolog Temukan 20 Mumi di Situs Aswan Mesir
Arkeolog Mesir kembali menemukan 20 mumi ketika sedang berburu makam Cleopatra. Foto/Egyptian-Italian Mission (EIMAWA)
A A A
KAIRO - Arkeolog Mesir kembali menemukan 20 mumi ketika sedang berburu makam Cleopatra. Mumi ini diperkirakan dari periode akhir Firaun hingga periode awal Romawi kuno.

Dikutip dari Express, Rabu (19/1/2022), penggalian makam itu dilakukan oleh tim arkeologi Mesir dan Milan dari University of Milan dan Supreme Council of Antiquities (SCA).

Saat itu tim menyisir situs di wilayah Aswan, Mesir. Situs ini memang kaya akan peninggalan Firaun dan sejauh ini sudah 300 makam dari abad ke-6 SM hingga abad ke-4 M ditemukan di wilayah itu.



Bukannya menemukan makam Cleopatra, arkeolog malah menemukan makam keluarga yang diperkirakan sudah dijarah oleh pemburu harta karun kuno.

Saat ditemukan, makam itu masih berisi 20 mumi yang berada dalam sarkofagus yang diperkirakan dari periode Yunani-Romawi. Makam itu ditutup dengan struktur persegi panjang yang menunjukkan bekas pembakaran.

Di dalam makam itu juga berisi tulang binatang, pecahan tembikar, meja persembahan dan piring bertuliskan hieroglif.



Dekat dinding timur bangunan itu, sebuah mumi dengan kalung tembaga dan plakat yang diukir dalam bahasa Yunani ditemukan.

Plakat itu menyebutkan nama "Nikostratos", tetapi kemungkinan besar itu dipindahkan dari makam oleh pemburu makam yang sedang mencari barang berharga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)