Florida Diterpa Angin Kencang, SpaceX Tunda Kepulangan Kargo Dragon CRS-24 ke Bumi

Minggu, 23 Januari 2022 - 10:42 WIB
loading...
Florida Diterpa Angin Kencang, SpaceX Tunda Kepulangan Kargo Dragon CRS-24 ke Bumi
Kepulangan kapal kargo Dragon CRS-24 ke Bumi ditunda. SpaceX menunda jadwal kepulangan kapal kargo Naga karena angin kencang menerpa lokasi pendaratan di Teluk Meksiko, lepas pantai Florida, Amerika Serikat. Foto/NASA/Space
FLORIDA - Kepulangan kapal kargo Dragon CRS-24 ke Bumi ditunda, meskipun telah menyelesaikan misi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). SpaceX menunda jadwal kepulangan kapal kargo Naga karena angin kencang menerpa lokasi pendaratan di Teluk Meksiko, lepas pantai Florida, Amerika Serikat.

Kargo Dragon terbaru milik SpaceX dijadwalkan lepas landas dari stasiun luar angkasa pada Sabtu 22 Januari 2022 pukul 10.40 waktu AS dan diperkirakan tiba pada Senin 24 Januari 2022 pagi. Penundaan dilakukan setidaknya selama satu hari untuk memastikan cuaca di lokasi pendaratan normal kembali.

"SpaceX dan NASA telah membatalkan rencana keberangkatan pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon karena angin kencang di zona splashdown di Teluk," kata juru bicara NASA Sandra Jones dikutip SINDOnews dari laman Space, Minggu (23/1/2022). (Baca juga; SpaceX Luncurkan 49 Satelit Internet Starlink ke Angkasa )
Florida Diterpa Angin Kencang, SpaceX Tunda Kepulangan Kargo Dragon CRS-24 ke Bumi


Kapal kargo Dragon akan membawa muatan ke Bumi seberat 2.267 kilogram, berupa perangkat ilmu pengetahuan, termasuk "sitoskeleton" yang menggunakan sinyal sel untuk memahami bagaimana tubuh manusia berubah dalam gayaberat mikro. Termasuk sebuah mikroskop pencitraan cahaya berusia 12 tahun yang sudah pensiun setelah bertugas lebih dari satu dekade di luar angkasa.



Kargo SpaceX Dragon dikirimkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 22 Desember 2022 membawa berton-ton perbekalan, hadiah Natal, dan makanan untuk para astronot. Dragon CRS-24 merupakan satu-satunya kapal kargo yang dapat terbang kembali ke Bumi untuk membawa berbagai muatan.

Sebab, hampir semua pesawat ruang angkasa akan terbakar di atmosfer saat masuk kembali ke Bumi. Kapal Kargo Naga ini sering digunakan untuk membawa kembali sampel biologis yang harus segera dipindahkan ke fasilitas ilmiah di NASA's Kennedy Space Center, pesisir Florida, timur Orlando. (Baca juga; 13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9 )
(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA