Misteri Danau Tersembunyi di Mars Terungkap, Ternyata Isinya Bukan Air

Rabu, 26 Januari 2022 - 08:46 WIB
loading...
A A A
Grima dan rekan-rekannya mengambil pendekatan yang berbeda. Mereka meletakkan lapisan es virtual di seluruh bola radar Mars, yang terdiri dari data yang dikumpulkan MARSIS selama tiga tahun, menunjukkan seperti apa planet merah itu dengan 1,4 kilometer air beku.

Kemudian, mereka mencari tambalan reflektif yang mirip dengan yang ditafsirkan sebagai air dan menemukannya, tersebar di semua garis lintang.

Para peneliti kemudian memetakan tambalan ini terhadap geologi Mars yang diketahui. Bercak-bercak itu sangat serasi dengan medan vulkanik. Diketahui kalau Mars memiliki batuan vulkanik yang berlimpah dan juga besi.



"Saya pikir temuan ini merobohkan gagasan mungkin ada air cair di bawah kutub selatan planet Mars," kata ilmuwan planet Ian Smith dari York University di Kanada, yang memimpin penelitian tanah liat beku.

Namun temuan baru ini bisa menambah pengetahuan untuk menguji hipotesis tentang pengeringan lebih luas dari iklim Mars selama miliaran tahun.

Grima dan Smith kini akan melakukan penelitian bersama untuk menggunakan penginderaan jauh berbasis radar untuk mencoba dan menemukan air di Mars.

"Ilmu pengetahuan tidak mudah pada percobaan pertama. Kami akan terus melihat permukaan Mars dengan instrumen radar yang bisa dilihat dari bumi," katanya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)