5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo

Kamis, 27 Januari 2022 - 22:02 WIB
loading...
5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo
Pada tahun 132 masehi ilmuwan dan penemu asal China Zhang Heng memperkenalkan seismokop pertama yang bisa memprediksi gempa dengan keakuratan tinggi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Teknologi modern yang ada saat ini sudah maju pesat jika dibandingkan teknologi jaman dulu.Tapi pernahkan terpikir, cara ahli teknik dulu yang menciptakan beberapa penemuan ajaib dan arsitektur.

Bahkan beberapa penemuan berhasil membuat ilmuwan modern bingung dan heran akan teknologi apa yang mereka gunakan untuk membuat benda-benda yang ditemukan.

Berikut ini 5 teknologi kuno yang dikutip dari kanal YouTube Sisi Terang, Kamis (27/1/2022).

1. Api Yunani

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Ini adalah senjata yang wajib pada abad ke 7. Api yunani ditembakan dari benda yang hanya bisa digambarkan sebagai penyembur api kuno. Mereka kebanyakannya menggunakannya di kapal, dan api itu dapat menghancurkan apapun targetnya.



Konon musuh tak bisa memadamkannya dengan air atau pasir. Bahkan air malah membuat api tersebut menjadi lebih besar.

Para ilmuwan yakin api itu dibuat dengan bahan campuran yang sering kita dengar di kelas kimia, seperti nafta, kapur tohor, sulfur dan resin pinus. Para ahli masih memperdebatkan apa sebenarnya zat yang tergandung dari api cair yang tak terhentikan ini.

2. Mekanisme Antikythera

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Komputer Yunani Kuno tak akan mirip dengan komputer yang ada di rumah saat ini, tapi masih sangat komplek pada zaman itu. Mekanisme aneh itu dibuat dari 37 gigi perunggu, bentuknya hampir menyerupai jam yang sangat rumit.

Benda tersebut kemungkinan digunakan untuk semacam penghitung astronomis, meterologis dan kartografi pada sebelum tahun 100 sebelum masehi.



Mekanisme ini mampu di antaranya, memperhitungkan gerakan benda angkasa, menentukan tanggal 42 peristiwa astronomi termasuk gerhana matahari dan mengukur kekuatan angin di laut dan bahkan gerakan bulan mengelilingi bumi.

3. Seismoskop Zhang Heng

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Pada tahun 132 masehi ilmuwan dan penemu asal China Zhang Heng memperkenalkan seismokop pertama yang bisa memprediksi gempa dengan keakuratan peralatan modern.

Benda ini dibuat dari perunggu yang berbentuk vas terbalik yang berhiaskan ukiran naga dan katak di semua sisinya. Tapi semua itu bukan sekedar hiasan.

Di dalam bejana, terdapat pendulum yang akan bergerak saat terjadi gempa, meski itu terjadi ratusan kilometer jauhnya, itu akan membuat salah satu bola perunggu jatuh dari mulut naga dan masuk ke mulut katak yang berada di bawahnya. Kemudian menghasilkan suara kencang.

Bagaimana itu bisa terjadi di dalam vas? Bahkan akibat gempa yang sangat jauh? Hal tersebut masih belum dipahami sampai saat ini. Orang-orang bahkan telah berusaha menciptakan nya kembali pada zaman modern tetapi tidak berhasil.



4. Baterai Baghdad

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Pasti kita mengira tak akan ada baterai 2.000 tahun yang lalu. Sama saya pun berpikiran demikian. Sampai kita tahu penemuan ini.

Benda yang tampaknya baterai pertama ini ditemukan di Baghdad pada tahun 1936 dan diyakini berasal dari abad ke-2 periode Pathria 247 SM - 224 M. Baterai itu berbentuk guci tanah liat oval dengan tinggi 13 cm.

Entah bagaimana benda ini menghantarkan arus listrik 2.000 tahun sebelum Alessandro volta memperkenalkan pada dunia baterai modern versi pertama yang kita gunakan sekarang.

5. Kapal Batu Masuda

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Bangunan mirip kapal yang terbuat dari batu, membuat benda ini seperti tak mampu mengapung dengan baik di atas air. Banyak yang ragu, batu granit seberat 800 ton yang lebih besar daripada ukuran bus sekolah yang dipahat dalam bentuk kapal ini digunakan untuk berlayar.

Benda ini berada di bukit dengan 2 lubang kotak besar di bagian atasnya. Batu ini berasal dari 250-550 M. Tetapi siapa yang membuatnya dan alasan apa dibuatnya? Masih menjadi misteri sampai saat ini.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)