10 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:04 WIB
loading...
10 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat
Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya. Bahkan tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan di bumi musnah, yakni di zaman dinosaurus. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya. Di Bumi, tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan musnah, yakni di zaman dinosaurus.

Kendati begitu tumbukan asteroid yang mematikan kemungkin juga telah melahirkan benih kehidupan segera setelah Bumi lahir. Efek dari dampak tumbukan asteroid ini bertahan selama miliaran tahun dan dapat disaksikan hingga kini.



Berikut 10 kawah raksasa yang berasal dari tumbukan asteroid yang diketahui di bumi yang dikutip dari Live Science:

1. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort merupakan kawah bekas tumbukan asteroid tertua dan terbesar yang ada di Bumi. Menurut perkiraan ilmuwan, kawah yang berada di Afrika Selatan ini berukuran 300 kilometer. Kawah ini hasil tumbukan asteroid yang ukurannya lebih besar dari Table Mountain Afrika Selatan dan menghasilkan kawah raksasa pada 2,2 miliar tahun yang lalu.

2. Kawah Sudbury

Kawah Sudbury berada di Ontario, Kanada, dengan lebar mencapai 130 km yang merupakan hasil tumbukan asteroid pada 1,85 miliar tahun yang lalu. Berdasarkan hasil pecahan batu yang ditemukan di Minnesota yang berjarak 800 kilometer, ukuran kawah ini awalnya membentang seluas 260 kilometer.

3. Kawah Chicxulub

Kawah Chicxulub ditengarai merupakan bukti dari tumbukan asteroid yang memunsnahkan dinosaurus. Lapisan tipis logam iridium eksotis dari dampak meteor telah terdeteksi di seluruh dunia pada kepunahan massal Kapur sebelum Chicxulub ditemukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)