Pertama Kali Astronot China Rayakan Tahun Baru Imlek di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Selasa, 01 Februari 2022 - 20:47 WIB
loading...
Pertama Kali Astronot China Rayakan Tahun Baru Imlek di Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Wang Yaping, astronot Shenzhou 13 untuk pertama kali merayakan tahun baru Imlek di orbit, awal Tahun Macan. Foto/Space.com
A A A
PARA astronot Shenzhou 13 China untuk pertama kali merayakan tahun baru Imlek di orbit, awal Tahun Macan. Modul inti stasiun luar angkasa Tiangong mereka hiasi dengan berbagai ornamen warna merah yang meriah.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China melalui stasiun televisi pemerintah CCTV mengatakan, para astronot telah menghiasi modul inti stasiun ruang angkasa dengan potongan kertas tradisional Tiongkok, bait festival musim semi dan lentera merah.

"Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru, kesehatan yang baik, semoga sukses dan Tahun Macan yang penuh keberuntungan," kata Komandan Zhai Zhigang dalam rekaman dari CCTV, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Tampak astronot lain bergabung dalam kemeriahan tersebut, Wang Yaping dan Ye Guangfu.



Tahun Baru Imlek terjadi pada bulan baru antara 21 Januari dan 20 Februari, yang menempatkan hari libur tahun ini pada Selasa (1 Februari). Ini adalah salah satu hari libur paling penting di China dan sering ditandai (di Bumi) dengan kembang api atau petasan.

Shenzhou 13 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi 15 Oktober, dengan roket Long March 2F. Misi tersebut telah memecahkan satu rekor China, dengan Wang menjadi wanita pertama yang tinggal di modul inti Stasiun Luar Angkasa Tiangong.


Pertama Kali Astronot China Rayakan Tahun Baru Imlek di Stasiun Luar Angkasa Tiangong


Para taikonot (sebutan untuk astronot China) menghabiskan sekitar enam bulan di orbit, dua kali lebh lama dari durasi Shenzhou 12. Menjadi satu-satunya misi mengunjungi Tianhe dengan kru semuanya laki-laki.

Sejauh ini, para kru melanjutkan pembangunan stasiun dengan perjalanan luar angkasa pada November 2021. Mereka juga menyiarkan langsung kuliah sains untuk mahasiswa China pada Desember dan secara manual menerbangkan kapal kargo pada Januari untuk menguji prosedur darurat dan docking.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)