10 Fakta Unik Buaya yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Dianggap Mitos

Senin, 07 Februari 2022 - 13:03 WIB
10 Fakta Unik Buaya yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Dianggap Mitos
Buaya adalah satu-satunya hewan yang diperkirakan selamat dari asteroid yang memusnahkan populasi dinosaurus. Foto/dok
SYDNEY - Sekitar 240 juta tahun yang lalu, bumi tampak sangat berbeda dimana dinosaurus dan buaya hidup berdampingan. Namun faktanya, buaya adalah satu-satunya hewan yang diperkirakan selamat dari asteroid yang memusnahkan populasi dinosaurus.

Mereka selamat dari kepunahan massal dan berkembang selama ratusan juta tahun yang akan datang. Oleh karena itu, bisa dikatakan, sejarah mereka di bumi sangat panjang dan misterius!

Mereka adalah reptil air besar yang dibuat terkenal oleh legenda Australia yang dihormati seperti Crocodile Dundee, Paul Hogan, dan Steve Irwin yang legendaris.

Namun belum banyak yang tahu ternyata buaya juga menyimpan keunikan tersendiri yang jarang diketahui. Berikut 10 fakta menarik tentang buaya yang dikutip dari Stockland:

1. Tahukah Anda bahwa ada 23 spesies buaya berbeda yang hidup di planet ini? Namun, Australia adalah rumah bagi hanya dua spesies, yaitu buaya air tawar yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia dan juga buaya muara.

Terlepas dari namanya, kedua spesies ini dapat hidup di air tawar atau asin. Spesies lain dapat ditemukan di daerah tropis di seluruh Afrika, Asia dan Amerika.

2. Buaya adalah reptil yang dapat bertahan hidup di berbagai lingkungan. Beberapa di antaranya mungkin termasuk danau, sungai, badan air tawar, air asin dan air payau.

3. Seperti kebanyakan reptil, buaya adalah hewan berdarah dingin dan lebih suka tinggal di daerah tropis yang dekat dengan lahan basah. Mereka tidak dapat menghasilkan panas sendiri, oleh karena itu mereka memasuki periode tidur panjang atau hibernasi sampai cuaca memanas lagi.