10 Fakta Unik Buaya yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Dianggap Mitos

Senin, 07 Februari 2022 - 13:03 WIB
4. Sekitar 100 juta tahun yang lalu, buaya pernah berada di puncak rantai makanan di era Mesozoikum. Namun setelah kedatangan manusia ke bumi, kini habitat buaya jadi terancam.

5. Rahang buaya adalah mahluk hidup yang memiliki rahang terkuat di dunia. Otot-otot di rahang buaya sangat sensitif terhadap sentuhan sehinga jika mangsa sudah berada di mulut buaya mustahil bisa lepas. Menurut studi, gigitan buaya air asin hampir tiga kali lipat kekuatan singa atau harimau.

6. Mungkin salah satu fakta paling menarik tentang spesies buaya adalah dalam hal perkembangbiakannya. Saat buaya betina bertelur yang bisa mencapai 60 telur sekaligus, suhu sarang tempat bertelur bisa menentukan jenis kelamin anaknya. Jika suhunya kurang dari 32 derajat Celcius, bayi buaya akan berjenis kelamin betina dan jika di atas suhu tersebut akan menjadi jantan.

7. Pernah mendengar istilah 'air mata buaya '? Ada mitos kuno bahwa buaya menangis saat melahap mangsanya. Dan meskipun secara teknis buaya memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan air mata, itu sebenarnya bukan karena menangis. Saat makan, buaya menelan terlalu banyak udara yang berdampak pada kelenjar di mata yang membuat air mata mengalir keluar.

8. Inilah sesuatu yang mungkin mengejutkan, buaya benar-benar makan tanpa mengunyah. Rahang mereka bekerja sedemikian rupa sehingga tidak dapat bergerak ke samping sehingga mereka tidak dapat menggiling makanan dengan gerakan mengunyah. Mereka kemudian akan menelan batu untuk membantu mereka mencerna dan memecah makanan di dalam perut mereka.

9. Berbicara tentang makanan, makanan buaya juga sangat berbeda tergantung terhadap habitat mereka. Di penangkaran, buaya biasanya akan memakan hewan yang sudah mati seperti tikus, ikan, ayam, dll. Namun, buaya di alam liar biasanya akan memakan krustasea, katak, burung, rusa, dll.

10. Meskipun buaya diketahui dapat bertahan hidup pada periode dinosaurus dan asteroid, ternyata hidup mereka tidak abadi. Sebagian besar spesies buaya memiliki umur sekitar 40 tahun, namun spesies besar seperti buaya air asin dan Nil telah diketahui hidup hingga 100 tahun.