Simak, Ini Jenis Manusia Purba di Indonesia dan Ciri-cirinya

Rabu, 09 Februari 2022 - 19:29 WIB
loading...
Simak, Ini Jenis Manusia Purba di Indonesia dan Ciri-cirinya
Ada 8 jenis manusia purba di Indonesia dan ciri-ciri khusus yang berbeda dari manusia modern yang hidup jutaan hingga ratusan ribu tahun lalu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ada 8 jenis manusia purba di Indonesia dan ciri-ciri khusus yang berbeda dari manusia modern yang hidup jutaan hingga ratusan ribu tahun lalu. Jejak manusia purba ini tersebar dibeberapa daerah di Indonesia, salah satunya di pulau Jawa.

Tak hanya temuan fosil yang menguatkan keberadaan manusia purba di Indonesia, beberapa peninggalan peralatan seperti senjata, peralatan berburu, dan lukisan goa juga menunjukkan kehidupan mereka saat itu.

Berbagai bukti autentik lain mengenai keberadaan manusia purba juga ditemukan di Indonesia, salah satunya lukisan goa. Pada Desember 2017, arkeolog Australia dibantu oleh arkeolog lokal menemukan lukisan goa tertua di dunia yang diperkirakan berusia 45.500 tahun di Sulawesi.

Berikut 8 jenis manusia purba di Indonesia dan ciri-cirinya yang dikutip dari situs Ruang Guru:

1. Meganthropus Paleojavanicus

Spesies Meganthropus paleojavanicus ini artinya manusia besar tertua dari Jawa. Ini diambil dari kata mega yang artinya besar, anthropus yang artinya manusia, paleo yang artinya tua, dan javanicus yang artinya Jawa.

BACA: Berusia 45.500 Tahun, Lukisan Goa Tertua Ditemukan di Sulawesi

Dinamakan javanicus karena fosil ini ditemukan di Sangiran, Jawa Tengah oleh G. H. R. von Koenigswald pada tahun 1936-1941. Berdasarkan penanggalan radio karbon, fosil ini diketahui sebagai manusia tertua yang hidup sekitar dua juta tahun yang lalu.

Terdapat ciri-ciri khusus dari Meganthropus Paleojavanicus yang membedakannya dari spesies lainya, yaitu hidung lebih lebar, tulang pipi tebal, otot rahang, kunyah, gigi sangat kuat, tidak berdagu, volume otak 900 cc, badan tegap, pemakan tumbuh-tumbuhan, tulang kening menonjol, hidup berkelompok, dan nomaden.

2. Pithecanthropus Erectus
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2787 seconds (10.177#12.26)