Peluncuran Pertama Roket Astra Gagal, 4 Satelit Penting yang Dibawa Hilang

Jum'at, 11 Februari 2022 - 08:53 WIB
loading...
Peluncuran Pertama Roket Astra Gagal, 4 Satelit Penting yang Dibawa Hilang
Peluncuran roket Astra yang pertama gagal setelah mengalami masalah ketika pemisahan roket tahap pertama dan kedua, tiga menit setelah peluncuran. Foto/Space.com
A A A
FLORIDA - Peluncuran roket Astra yang pertama gagal setelah mengalami masalah ketika pemisahan roket tahap pertama dan kedua, tiga menit setelah peluncuran dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral Florida, hari ini atau Kamis (10/2/2022) pukul 15.00 waktu setempat. Akibat kegagalan tersebut 4 satelit dalam misi ElaNa41 yang dibawa hilang.

Roket Launch Vehicle 0008 (LV0008) setinggi 13 meter terdiri dari 2 tahap, meluncur baik dan membubung tinggi ke langit Florida. Namun, tiga menit kemudian tampaknya ada yang tidak beres, tepat setelah tahap pertama dan kedua roket terpisah.

Rekaman dari kamera pada tahap kedua menunjukkan badan roket berputar, bukan meluncur mulus menuju tujuan, orbit dengan ketinggian 500 kilometer. Astra akan melakukan penyelidikan kejadian ini, bekerja sama dengan Administrasi Penerbangan Federal AS.

"Sayangnya, kami mendengar bahwa ada masalah selama penerbangan sehingga pengiriman muatan satelit pelanggan kami ke orbit hari ini gagal. Informasi lebih lanjut akan diberikan saat kami menyelesaikan tinjauan data," kata Carolina Grossman, direktur manajemen produk Astra, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Jumat (11/2/2022).



Astra, yang didirikan pada tahun 2016, bertujuan untuk merebut sebagian besar pasar peluncuran satelit kecil dengan lini roket yang diproduksi secara massal, dan hemat biaya. Perusahaan telah melakukan empat peluncuran orbital sebelum hari ini, semuanya menguji misi lepas landas dari Pacific Spaceport Complex di Alaska.

Astra mencapai luar angkasa pada dua dari empat misi tersebut. Pada uji coba terbaru, sebuah misi untuk militer AS yang diluncurkan November 2021, LV0007 berhasil mengorbit, sebuah pencapaian besar bagi perusahaan Bay Area. Sebab, sebuah roket Astra mencapai ruang angkasa selama penerbangan uji Desember 2020 tetapi kehabisan bahan bakar sesaat sebelum mencapai kecepatan orbit.
Peluncuran Pertama Roket Astra Gagal, 4 Satelit Penting yang Dibawa Hilang


Misi hari ini bertujuan untuk melanjutkan kesuksesan itu, membawa Astra dari tahap uji coba ke penerbangan operasional. LV0008, bagian dari keluarga kendaraan peluncuran Rocket 3 Astra, membawa empat satelit kecil, yang terbang melalui inisiatif Educational Launch of Nanosatellites (ELaNa) NASA. Pesawat ruang angkasa kecil itu akan melakukan berbagai pekerjaan di perbatasan terakhir jika peluncuran berhasil.



Misalnya, cubesat Bama-1, yang dikembangkan oleh tim di Universitas Alabama, bertujuan untuk menguji "layar seret" yang dirancang mengurangi masalah sampah antariksa dengan membantu pesawat ruang angkasa melakukan deorbit secara terkendali di akhir masa operasi. Ada juga penganalisis Konten Neutron Ionosfer New Mexico State University, atau INCA, dirancang untuk mempelajari dependensi garis lintang dan waktu dari spektrum neutron di orbit rendah Bumi.

ELaNa 41 awalnya seharusnya diluncurkan pada hari Sabtu (5/2/2022), tetapi dibatalkan karena masalah dengan sistem radar pada jarak peluncuran. Masalah itu diselesaikan tepat waktu untuk peluncuran pada Senin (7/2/2022), yang dibatalkan hanya beberapa detik sebelum lepas landas karena masalah telemetri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3859 seconds (0.1#10.140)