7 Hewan Paling Lama Tidur di Dunia, Nomor 6 Sampai 22 Jam Sehari

Minggu, 13 Februari 2022 - 16:03 WIB
loading...
7 Hewan Paling Lama Tidur di Dunia, Nomor 6 Sampai 22 Jam Sehari
Hewan paling lama tidur di dunia bisa mencapai 22 jam sehari dan rekor ini dipegang oleh Koala yang merupakan hewan asli Australia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan paling lama tidur di dunia bisa mencapai 22 jam sehari dan rekor ini dipegang oleh Koala yang merupakan hewan asli Australia. Lamanya siklus tidur pada hewan ini bukan berarti malas, karena ada manfaat fisiologis dari lamanya mereka tidur ini.

Dikutip dari Zooportrait, sejumlah peneliti menyatakan kalau fungsi utama tidur adalah untuk pemulihan dan perlindungan. Karena ketika tidur, tubuh akan mendapat kesempatan untuk mengisi ulang atau mengatur ulang proses fisiologis atau neurologis, seperti pelepasan hormon saat tidur.

Hormon pertumbuhan sangat penting di sini, karena tidak diproduksi di siang hari dan puncak pelepasan maksimumnya adalah 50-60 menit sebelum tidur. Melatonin juga penting, karena mengatur tidur dan terjaga, dan diproduksi saat matahari terbenam.

Sedangkan fungsi pelindung tidur, tetap diam dan tidak aktif untuk mengurangi risiko dimangsa dan kerusakan mekanis. Bisa juga tidur ini untuk menghemat energi. Teori lain yang lebih sederhana, tidur adalah ritme harian untuk istirahat.



Lalu hewan apa saja yang memiliki waktu tidur lebih lama? Berikut 7 hewan paling lama tidur di dunia yang dikutip dari Lolwot:

1. Kucing

Kucing rata-rata tidur mencapai 11-12 jam per hari dan terkadang bisa lebih lama. Kucing sebenarnya paling aktif antara senja dan fajar, itulah sebabnya mereka menghabiskan banyak hari dengan tidur saat Anda pergi bekerja.



Jadi saat Anda sendiri mengalami mimpi indah, kucing peliharaan sebenarnya bisa berkeliaran di rumah dan menjelajahi atau mendapatkan berbagai masalah. Untungnya, kucing Anda juga dapat menghilangkan segala jenis bahaya di sekitar rumah seperti ular.

2. Tupai

Ketika tupai tidak menghabiskan waktu mereka untuk berlarian, mengumpulkan kacang, atau sibuk di pohon, mereka menghabiskan sisa waktunya untuk tidur malam yang nyenyak. Tupai dapat menghabiskan rata-rata sekitar 13 hingga 14 jam sehari untuk tidur.

Faktanya, mereka biasanya tidak aktif di malam hari dan menghabiskan hari-hari mereka dengan terjaga dan tidur malam, itulah sebabnya Anda mungkin sering melihatnya jika Anda berjalan-jalan di taman setempat.

3. Harimau

Harimau memiliki banyak kesamaan dengan kucing rumahan dalam hal pola tidur panjang. Anda mungkin menemukan lebih banyak foto harimau yang sedang tidur atau beristirahat daripada foto aksi karena jadwal mereka yang santai.



Seekor harimau mungkin rata-rata tidur selama 16 jam sehari. Tempat istirahat favorit mereka termasuk lubang air dangkal, sebagian karena suhu dingin serta cara untuk mengusir serangga dari mereka.

4. Lemur

Hewan yang berasal dari Madagaskar dikenal sebagai satu-satunya primata yang berhibernasi di dunia. Para ilmuwan juga menemukan bahwa lemur kerdil ekor gemuk adalah satu-satunya hewan yang diketahui tertidur sepenuhnya saat berhibernasi di lingkungan alaminya.

Lemur mungkin rata-rata tidur sekitar 16 jam per hari tetapi lemur kerdil berekor gemuk khususnya adalah tidur yang cukup istimewa. Lemur juga berkerabat dekat dengan manusia sehingga hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tidur dalam kehidupan kita sehari-hari.

5. Armadillo

Hewan ini adalah satu-satunya mamalia yang memiliki cangkang seperti baju besi. Armadillo biasanya aktif di malam hari dan dapat tidur sekitar 18-19 jam sepanjang hari. Umumnya, mereka menghabiskan waktu tidur mereka di liang yang aman yang mereka buat.

Armadillo sembilan pita adalah spesies armadillo yang paling umum ditemukan di seluruh Amerika Utara, Selatan, dan Tengah dan biasanya merupakan hewan soliter. Hewan-hewan yang mengantuk ini sebenarnya diketahui menularkan Kusta pada manusia, jadi jika Anda benar-benar memiliki kesempatan untuk melihatnya, yang terbaik adalah tidak melakukan kontak.

6. Koala

Koala adalah hewan paling mengantuk di dunia yang dapat tidur hingga 22 jam sehari. Mereka tidur di cabang-cabang pohon eukaliptus yang tinggi di atas tanah dari bahaya apa pun. Tingkat metabolisme mereka yang rendah membutuhkan banyak waktu agar daun kayu putih yang mereka makan dapat dicerna.



7. Kelelawar Coklat

Kelelawar coklat adalah salah satu kelelawar yang paling umum di Amerika Utara dan juga menjadi organisme model untuk mempelajari kelelawar. Mereka bisa sangat aktif di siang hari di musim semi, di mana mereka dapat terdengar mencicit keras.

Mereka dikatakan tidur rata-rata selama 19 jam sehari dan menghabiskan waktu di malam hari untuk berburu serangga. Di musim dingin, kelelawar coklat dapat bermigrasi ke lokasi lain atau berhibernasi untuk mengatasi hawa dingin.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)