Pilih Tempat di Hawaii dan Meksiko, Paus Bungkuk Berenang 6.000 Km untuk Berkembang Biak

Kamis, 17 Februari 2022 - 14:05 WIB
loading...
Pilih Tempat di Hawaii dan Meksiko, Paus Bungkuk Berenang 6.000 Km untuk Berkembang Biak
Sejumlah paus bungkuk mampu berenang sejauh 6.000 kilometer (Km) menuju perairan Hawaii atau Meksiko untuk berkembang biak. Foto/UPI
A A A
HONOLULU - Sejumlah paus bungkuk mampu berenang sejauh 6.000 kilometer (Km) menuju perairan Hawaii atau Meksiko untuk berkembang biak. Dari sejumlah foto crowdsourced menunjukkan seekor paus melakukan perjalanan sekitar 4.545 Km dalam 53 hari dari Maui ke kepulauan Revillagigedo di Meksiko.

James Darling dari Whale Trust Maui di Hawaii mengatakan, dari database foto lebih dari 26.000 individu paus bungkuk mengungkapkan bahwa paus terlihat di perairan Hawaii dan Meksiko selama satu musim kawin. “Reaksi pertama kami adalah, 'Kamu pasti bercanda!'" kata Darling kepada newscientist.com.

Namun dia mengatakan jarak yang ditempuh tampak sangat panjang bagi manusia, tapi mungkin tidak terlalu signifikan bagi paus. "Mereka mungkin hanya mengarungi lautan seperti bermain di halaman belakang rumah mereka sendiri. Ini benar-benar mengubah cara kita berpikir tentang paus," katanya dikutip SINDOnews dari laman UPI.com, Kamis (17/2/2022).



Para ilmuwan berasumsi bahwa paus memilih Meksiko atau Hawaii sebagai tempat berkembang biak. Namun, dari foto-foto tersebut mengungkapkan beberapa paus melakukan perjalanan ke kedua tempat dalam satu musim.

Data dari jurnal peer review Biology Letters pada Rabu 16 Februari 2022 menyebutkan, basis data foto menunjukkan tanda-tanda khas pada paus yang dapat mengidentifikasi paus individu. Paus bungkuk ditemukan di semua lautan besar. Mereka tidak kawin seumur hidup.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)