10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!

Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:03 WIB
loading...
10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!
Hewan terkecil di dunia terlihat seperti liliput di dunia binatang. Karena hewan-hewan ini merupakan spesies terkecil dari jenis hewan berukuran normal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan terkecil di dunia terlihat seperti liliput di dunia binatang. Karena hewan-hewan ini merupakan spesies terkecil dari jenis hewan yang ukurannya normal.

Manusia jauh lebih kecil daripada hewan terbesar di planet ini, seperti paus atau gajah. Tetapi ada banyak spesies hewan yang lebih kecil dari manusia, dan banyak dari spesies itu tidak lebih besar dari tangan manusia.

Sebagai mahluk yang kecil, beberap spesies hewan ini ternyata diuntungkan oleh bentuk tubuhnya. Dengan bentuk yang kecil, spesies ini memiliki banyak pilihan untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa atau hibernasi.



Berikut 9 hewan terkecil di dunia yang dikutip dari Safari Safricana, Jumat (18/2/2022):

1. Armadillo Merah Muda (Chlamyphorus Truncatus)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Armadillo merah muda atau 'pichiciegos' adalah spesies armadillo terkecil, dengan panjang rata-rata 105 milimeter. Mereka adalah hewan yang beradaptasi dengan gurun. Hewan yang aktif di malam hari ini adalah endemik di gurun dan padang rumput di Argentina tengah.

2. Tarsius Filipina (Carlito syrichta)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Tarsius Filipina hidup di hutan lebat dataran rendah Filipina tengah dan selatan. Tumbuh maksimal hanya 165 milimeter ketika dewasa. Dengan ukurannya ini, Tarsius ini termasuk salah primata terkecil di dunia.

3. Ular Barbados (Leptotyphlops Carlae)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Ular terkecil di dunia ini adalah spesies yang hanya ditemukan di pulau Karibia Barbados, Barbuda, dan Antigua. Berukuran maksimal 100 milimeter, mulut kecil mereka hanya cukup terbuka untuk memakan serangga mikroskopis.

4. Lemur Tikus Madame Berthe (Microcebus Berthae)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Lemur tikus Madame Berthe menyandang predikat salah satu primata terkecil di dunia, dengan panjang tubuh rata-rata 92 milimeter dan berat sekitar 30 gram. Primata nokturnal soliter ini adalah hewan endemik Madagaskar.

5. Burung Kolibri Lebah (Mellisuga Helenae)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Burung terkecil di dunia adalah burung kolibri lebah, yang hanya hidup di Kuba. Burung itu tumbuh hanya sampai 57 milimeter, beratnya di bawah 2 gram, dan mampu mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik.

7. Baluchistan Pygmy Jerboa (Salpingotulus Michaelis)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Jerboa kerdil juga dikenal dengan nama Baluchistan pygmy jerboa. Hewan ini hanya ditemukan di gurun keras Pakistan dan Afghanistan. Jerboa dikenal sebagai hewan pengerat terkecil yang tumbuh hingga panjang 44 milimeter.



Hewan ini memiliki kaki belakang yang relatif besar. makhluk ini bertahan hidup dengan menggali di bawah semak-semak kecil untuk memakan biji dan daun.

8. Bunglon Madagaskar (Brookesia Micra)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Hewan endemik lain di Madagaskar dalam daftar hewan terkecil ini adalah Brookesia Micra adalah bunglon terkecil. Spesies ini ditemukan pada tahun 2012, dengan rata-rata panjang hanya 25 milimeter. Ukurannya hanya seujung jari manusia.

9. Tokek kerdil Jaragua (Sphaerodactylus Ariasae)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Kadal yang tumbuh maksimal hingga 18 milimeter ini umumnya dikenal sebagai tokek kerdil Jaragua. Kadal ini hanya terlihat di Taman Nasional Jaragua di Republik Dominika.

10. Katak New Guinea (Paedophryne Amauensis)

10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!


Katak Paedophryne amauensis memegang gelar untuk katak, amfibi, dan vertebrata terkecil di dunia, dengan panjang hanya 7,7 milimeter. Pertama kali ditemukan di New Guinea pada tahun 2009. Katak ini sangat sulit ditemukan di alam liar karena mereka menyamarkan diri di serasah daun di lantai hutan tropis.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)