7 Bom Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 6 Sangat Mengerikan

Senin, 21 Februari 2022 - 16:15 WIB
loading...
7 Bom Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 6 Sangat Mengerikan
Bom paling berbahaya diciptakan sejumlah negara super power untuk menunjukkan kekuatannya di mata dunia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Bom paling berbahaya diciptakan sejumlah negara super power untuk menunjukkan kekuatannya di mata dunia. Mereka berlomba membuat senjata pemusnah massal ini dengan kekuatan yang sangat mengerikan.

Ketika Amerika dan Uni Soviet terlibat perang dingin, kedua negara ini berlomba-lomba menciptakan bom yang paling berbahaya. Ada sekitar 7 bom nuklir dengan kekuatan dahsyat mereka buat dan sudah melalui tahap uji coba.

Namun dari seluruh bom yang mereka ciptakan, ada satu yang paling berbahaya dan bisa memusnahkan umat manusia. Bahkan bom nuklir Tsar Bombaa memiliki gelombang kejut sejauh 204 kilometer atau bisa memusnahkan sepertiga daratan Jakarta yang seluas 662 kilometer persegi.



Berikut 7 bom paling berbahaya di dunia yang dikutip dari situs Owlcation:

1. Bom Nuklir Mk-36 (10 Megaton)

7 Bom Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 6 Sangat Mengerikan


Bom nuklir Mk-36, juga dikenal sebagai Mark 36, adalah senjata termonuklir pertama yang dikembangkan pada tahun 1950-an. Menggunakan sistem fusi multi-tahap yang sebanding dengan Mk-21, Mk-36 dianggap sebagai senjata nuklir "kering" pertama yang pernah diuji oleh pemerintah Amerika Serikat.

Secara total, Mk-36 besar, yang berukuran lebih dari 150 inci panjangnya, dan beratnya hampir 17.700 pon atau setara 8.028 kilogram yang mampu memberikan daya ledakan sebesar 10 Megaton.

Menggunakan dua parasut terpisah, bom itu dirancang untuk dijatuhkan dari udara secara perlahan di atas targetnya untuk memberi awak pembom cukup waktu untuk menghindari potensi bahaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)