5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Jum'at, 25 Februari 2022 - 09:48 WIB
loading...
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata
Semut zombi setelah otaknya dimanipulasi oleh jamur Ophiocordyceps unilateralis. Foto: David Hughes/Penn State University
A A A
JAKARTA - Zombie biasanya hanya terjadi di film Hollywood atau Korea. Tapi, sebenarnya di dunia hewan, fenomena itu cukup biasa. Banyak hewan ataupun parasit yang menyerang hewan lain, dan membuat inangnya tak berdaya seperti zombie . Nah, apa saja?

1. Kutu Kayu
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Namanya beragam. Ada yang menyebutnya kutu kayu (Wood Louse), Roly Poly, serangga Armadillo, dan juga kutu kentang (Potato bug). Biarpun punya banyak nama

Serangga ini menjadi zombie ketika diambil alih oleh parasit bernama Acanthocephalon (Plagiorhynchus cylindraceus). Parasit tersebut biasa hidup di saluran usus burung yang disebut jalak, dan dikeluarkan langsung ke rahang Kutu Kayu. Kok bisa? Karena Kutu Kayu ini sangat menyukai kotoroan burung.

Begitu ada di dalam tubuh Kutu Kayu, parasit mengambil alih otak dan bisa menyuruh serangga zombi itu melakukan hal-hal gila. Seperti membuat keberadaannya diketahui secara luas oleh pemangsanya. Parasit itu kemudian menemukan serangga lain untuk pengendalian pikiran.



2. Kecoa Amerika
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Korban zombifikasi kali ini adalah kecoak, hewan yang mungkin paling dibenci di dunia. Penjahatnya: tawon. Racun tawon membuat kecoa tidak bisa bergerak. Setelah diseret ke sarang tawon, kecoa tetap hidup meski perutnya sudah ditanami telur tawon. Larva kemudian menetas dan memakan kecoa yang masih hidup tetapi tidak berdaya. Sebulan kemudian, tawon dewasa terbang menjauh dari tempat kejadian, hanya menyisakan bangkai yang membusuk.

3. Semut
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Semut zombie yang telah dihinggapi jamur yang memanipulasi otak (Ophiocordyceps unilateralis s.l.) Foto: David Hughes/Penn State University

Ilmuwan menemukan empat jenis baru jamur pemakan tubuh yang memangsa semut tukang kayu. Jamur menginfeksi semut dan kemudian mulai menggunakan sinyal kimia untuk mengarahkan semut ke jalur yang sangat aneh.

Semut zombi itu kemudian meninggalkan koloninya, dan mencengkeram bagian bawah daun tempat ia tinggal. Ketika akhirnya mati saat jamur menyebar di sekitar tubuh semut, jamur menghasilkan tangkai dari kepala zombie yang mati dan mengeluarkan spora, mencoba memikat semut lain.

4. Kepiting
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Hewan laut teritip (bernacle) betina ingin bersarang di dalam kepiting. Jadi, ia mencari-cari tempat untuk masuk. Dan ketika melakukannya, ia meninggalkan tubuh teritip tuanya. Teritip membuat rumah kecil yang bagus yang terlihat seperti tumor, menjulurkan sulur melalui tubuh kepiting dan perlahan memakan inangnya.

Setelah membunuh organ seks di tempat tinggal barunya, teritip membuat kepiting seperti babysitter. Kepiting kehilangan minat pada apa pun selain melayani si teritip. Teritip membuat lubang di cangkang kepiting dan mengundang jantan yang bersedia untuk datang dan kawin.

5. Laba-Laba
5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Plesiometa argyra adalah laba-laba asal Kosta Rika. Laba-laba itu menjadi zombi setelah diambil alih oleh tawon parasit yang menanam larvanya di dalam tubuh laba-laba.

Alih-alih membangun jaringnya, laba-laba menghabiskan malam terakhir hidupnya membangun kepompong sutra, yang menjadi rumah bagi para pembunuhnya. Ketika kempompong sutra selesai, larva membunuh laba-laba. Kemudian mereka tinggal di kepompong.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2210 seconds (0.1#10.140)