Perang Rusia Vs Ukraina, Limbah Radioaktif Chernobyl Bisa Racuni Eropa

Jum'at, 25 Februari 2022 - 13:15 WIB
loading...
Perang Rusia Vs Ukraina, Limbah Radioaktif Chernobyl Bisa Racuni Eropa
Pertempuran di sekitar Chernobyl dapat menyebabkan potensi gangguan limbah nuklir dan penyebaran bahan radioaktif berbahaya ke seluruh Eropa. Foto/dok
A A A
KIEV - Pasukan Rusia dikabarkan berhasil merebut bekas pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl dalam upaya mereka melakukan invasi. Kini pemerintah Ukraina khawatir dampak pertempuran di lokasi bisa membuat limbah radioaktif menyebar ke Ukraina hingga Eropa.

Dilansir Live Science, Jumat (25/2/2022), Mykhailo Podolyak, seorang menteri presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukan Ukraina bertempur dengan pasukan Rusia yang menginvasi wilayah Chernobyl dari Belarusia. "Pasukan Rusia telah menguasai pembangkit listrik yang sekarang sudah tidak berfungsi," katanya.

Serangan itu terjadi sebagai bagian dari invasi penuh Rusia ke Ukraina yang terbesar sejak Perang Dunia II. Pasukan Rusia mengklaim telah menghancurkan lebih dari 70 target militer dan 11 lapangan terbang pada Kamis 24 Februari 2022. Pasukan Rusia yang maju dilaporkan telah merebut Bandara Internasional Antonov di pinggiran ibukota Ukraina, Kiev.



"Mustahil untuk mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl aman setelah serangan tersebut. Ini adalah salah satu ancaman paling serius di Eropa saat ini," kata Podolyak, seperti dilansir Reuters.

Sebagai salah satu tempat paling tercemar radioaktif di dunia, sebagian besar zona eksklusif Chernobyl telah ditutup sejak bencana kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl Ukraina pada tahun 1986.



Pada tahun itu, dua ledakan raksasa di pembangkit listrik tenaga nuklir itu damn memuntahkan 2.000 ton radioaktif ke udara danmencemari area seluas 2.600 kilometer persegi. Daerah itu kemudian dianggap tidak dapat dihuni oleh manusia selama 24.000 tahun ke depan.

Seorang penasihat kementerian dalam negeri Ukraina juga memperingatkan bahwa pertempuran di sekitar pembangkit listrik dapat menyebabkan potensi gangguan limbah nuklir dan penyebaran bahan radioaktif berbahaya di seluruh Eropa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)